Penyajian Makanan yang Kurang Tepat Bisa Pengaruhi Hilangnya Kandungan Vitamin

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Memasak tidak sekadar mencampurkan bahan makanan dan bumbu untuk menjadi sebuah hidangan siap santap. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat memasak.

Ya, cara memasak yang kurang tepat, dapat mengurangi kandungan vitamin, karena beberapa vitamin peka terhadap panas, air dan udara. Vitamin yang larut dalam air paling rentan terhadap panas, terutama vitamin C dan vitamin B. Cara penyajian makanan bisa mempengaruhi hilangnya kandungan vitamin. Dilansir healthyeating.sfgate, berikut adalah kandungan vitamin yang mudah hilang karena panas:

1. Vitamin C
Dikenal sebagai asam askorbat, merupakan vitamin yang larut dalam air, ditemukan pada buah dan sayuran antara lain jeruk, stroberi, brokoli, tomat dan paprika hijau. Vitamin C mudah dihancurkan oleh panas dan air yang berlebihan, serta paparan udara.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Zhejiang University Science, diteliti pengaruh berbagai metode memasak tentang retensi vitamin C pada brokoli. Perebusan menyebabkan kerugian paling banyak, sementara mengukus mempertahankan vitamin C. Sebagian besar penelitian di Denmark menunjukkan bahwa merebus sampai mendidih hanya selama lima menit menyebabkan 45-64 persen kandungan vitamin C hilang.

2. Vitamin B
Menurut University of Kentucky Extension Service, semua vitamin B sensitif terhadap panas. Namun thiamin, yang juga dikenal sebagai vitamin B-1, dan asam folat atau vitamin B-12, adalah yang paling tidak stabil dan cenderung dihancurkan dengan memasak dan penyimpanan yang tidak tepat.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Pakistan Medical Association, memanaskan susu selama 15 menit sampai mendidih menyebabkan berkurangnya vitamin B-1, B-2, B-3, B-6 dan asam folat sekira 24-36 persen.

Sebelumnya, studi Denmark yang mengevaluasi efek memasak sampai mendidih brokoli sehingga kandungan vitamin C berkurang juga mempelajari bagaimana kandungan vitamin B dalam brokoli. Setelah lima menit mendidih, antara 45-64 persen vitamin B-6 dan asam folat pada brokoli hilang.

Bagaimana menjaga kandungan vitamin dalam bahan makanan yang dimasak?
1. Untuk makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti brokoli usahakan tidak merebus lebih dari lima menit, kemudian gunakan air sedikit

2. Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin dengan konsumsi makanan secara mentah dan dijadikan salad.

3. Karena paparan udara bisa menghancurkan vitamin yang sensitif, maka biarkan sayuran di potong dulu sebelum dimasak dan disajikan.

4. Simpanlah produk di kulkas atau suhu yang lebih dingin akan menjaga kandungan vitamin. Simpan susu yang didinginkan, tutup rapat dan jauh dari cahaya yang kuat. Riboflavin, atau vitamin B-2, sangat sensitif terhadap cahaya.

5. Hindari menambahkan baking soda untuk meningkatkan warna hijau sayuran. Produk alkali menghancurkan kandungan vitamin. ** Baca juga: Benarkah Makan Larut Malam Tunjukkan Gangguan Kejiwaan?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)