oleh

Penutupan Pintu M1 Bandara Soetta Picu Parkir Liar

Kabar6-Penutupan pintu belakang (M1) Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, yang diberlakukan PT Angkasa Pura (AP) II sejak 7 Oktober 2014 lalu, kiranya mulai memicu tumbuhnya persoalan baru. 

Imbas dari ditutupnya pintu yang selama ini menjadi akses dari Tangerang menuju Bandara Soetta tersebut, kini mulai bermunculanlah titik parkir liar disekitar pintu M1.

Pantauan di lapangan, kini diarea sekitar M1, tepatnya akses jalan menuju bekas gedung pendataan TKI dan pelataran gedung Community Center, berubah fungsi menjadi area parkir liar.

Tak tanggung-tanggung, dalam sehari terlihat ada ratusan sepeda motor memanfaatkan lokasi itu sebagai tempat parkir. Umumnya, mereka adalah masyarakat dan karyawan yang sehari-hari bekerja di kawasan Bandara Soetta.

Itu karena mereka (pemilik kenderaan) enggan melalui Jalan Perimeter Utara dan Selatan, yang jaraknya lebih jauh hingga mencapai 6,5 kilometer, dibanding melalui M1.

“Ya kalau karyawan di bandara ini harus melewat Jalan Perimeter Selatan, maka harus menempuh jarak empat belas kilo meter untuk sampai ke kantor Garuda Maintenance Fasilities (GMF),” ujar Mohammad Aviv, Humas GMF Aero-Asia, kemarin.

Untuk mempersinkat waktu dan jarak tempuh, lanjut Aviv, pemilik kenderaan memilih parkir disekitar pintu M1 dengan biaya lima ribu per hari. Dari situ, mereka (pemilik kenderaan) bisa nyambung dengan angkutan trans bandara atau ojek untuk mencapai kantor.

“Saya memahami kondisi ini, saya juga sekarang untuk keluar bandara melalui pintu M-1 mikir-mikir, karena jaraknya cukup jauh,” kata Aviv yang mengaku jika akan ke Tangerang, memilih masuk Tol Sediatmo dan keluar di Kebon Nanas atau Alam Sutera. **Baca juga: DPRD Tindaklanjuti “Pembangunan” Apartemen Kota Ayodhia.

Sementara, Manager Humas dan Protokoler Kantor Cabang PT Angkasa Pura II BSH, Yudis Tiawan yang dikonfirmasi soal keberadaan parkir liar di sekitar area Pintu M-1 menjelaskan, dalam waktu dekat, pihaknya bersama instansi terkait seperti Polres metro BSH, Polres Metro Tangerang dan Dishub Kota Tangerang akan membicarakan lebih lanjut hal tersebut. **Baca juga: Cuma Simulasi, Swan Air Meledak di Bandara Soetta.

Tujuannya, agar parkir yang berada di sekitar area Pintu M-1 itu, dibuat resmi serta ditata dan dikelola dengan baik. “Semua ini akan kami evaluasi,” kata Yudis Tiawan.(SM/fit)

Berita Terbaru