oleh

Penuhi Kebutuhan Ekspor, Pandeglang Dijadikan Sentra Olahan Porang

Kabar6- Wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, akan dijadikan sentra olahan dan penghasil tanaman porang, dalam memenuhi kebutuhan porang tersebut di Indonesia dan ekspor ke negara luar lainnya.

Saat ini pihak swasta dari Koperasi Produsen Berkah Jaya Abadi Indonesia, akan melakukan penanaman 5 juta benih porang di atas lahan seluas 100 hektar di 12 kecamatan di Pandeglang.

Penanaman 5 juta benih porang tersebut sudah dimulai dan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Pandeglang, di kawasan Rumah Benih di Lampung Cireundeu, Desa Babakan Lor, Kecamatan Cikeudal, Kamis 19 Mei 2022.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dengan langkah Koperasi Produsen Berkah Jaya Abadi Indonesia, yang akan melakukan penanaman 5 juta benih porang.

Kata dia, selain hasil panen porang akan diolah langsung juga bisa menyediakan benih porang unggulan, untuk kebutuhan di Indonesia maupun ekspor ke Negara yang lain seperti Jepang, Cina dan sejumlah negara lainnya.

“Tentu kami sangat mendukung langkah Koperasi ini. Supaya Pandeglang ini jadi penghasil olahan dan benih porang terbesar, karena kebutuhan porang bukan hanya di Indonesia tapi negara luar juga butuh,” ungkapnya.

**Baca juga: Dihadapan Santri, Bupati Pandeglang Sebut Korban Kekerasan Anak Didominasi Perempuan

Dengan begitu kata Bupati Irna, Kabupaten Pandeglang harus jadi produksi porang terbesar. Bahkan pihaknya pun siap menyediakan lahan jika Koperasi masih membutuhkan lahan untuk tanam.

“Kami akan suport Koperasi ini, jika kebutuhan lahan masih kurang, kami Pemda Pandeglang siap membantu menyediakan lahan untuk tanam,” katanya.(aep)