oleh

Penuaan Dini Bisa Disebabkan Oleh Sejumlah Faktor Lingkungan

Kabar6-Ada sejumlah perubahan yang terjadi pada tubuh seiring bertambahnya usia, entah itu dari segi fisik atau mental. Hal yang paling terlihat adalah perubahan fisik, disebabkan oleh penuaan.

Namun saat ini banyak anak muda yang mengalami penuaan dini. Bagaimana kondisi itu bisa terjadi, dan faktor apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini? Melansir Halodoc, ada sejumlah faktor lingkungan yang dapat menjadi penyebab penuaan dini. Apa sajakah itu?

1. Sinar matahari
Hal pertama yang dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah paparan sinar matahari, mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit.
Namun, beberapa orang yang kerap beraktivitas di luar ruangan sulit untuk menghindarinya. Jadi, cobalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.

2. Radikal bebas
Hal lainnya penyebab terjadinya penuaan dini adalah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Beberapa hal dapat menjadi penyebab timbulnya radikal bebas seperti polusi lingkungan, air tercemar, hingga faktor cuaca.

Agar dapat menghindari penuaan dini yang disebabkan hal ini, disarankan agar Anda menerapkan pola makan sehat seperti konsumsi buah dan sayur. Jangan lupa menggunakan masker saat di luar ruangan untuk meminimalisir radikal bebas yang masuk ke tubuh.

3. Asap rokok
Salah satu dampak dari asap rokok adalah terjadinya penuaan dini pada tubuh. Kandungan nikotin yang terkandung pada rokok dapat memengaruhi tubuh, terutama sel-sel kulit. Pada akhirnya, sel-sel kulit akan sulit melakukan regenerasi yang membuat wajah dan kulit terlihat kusam.

Karena itulah, penting untuk menghindari beberapa penyebab penuaan dini. Anda dianjurkan memulai pola hidup sehat dengan memperbanyak makanan tinggi serat dan vitamin. ** Baca juga: Tidak Pernah Mimpi Selama Tidur Pertanda Buruk untuk Tubuh?

Selain itu, biasakan untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar untuk mencegah polusi udara masuk ke tubuh. Dengan begitu, diharapkan agar tubuh menjadi lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru