oleh

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi & Gusi

Kabar6-Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kesehatan gigi dan gusi, terlihat dari seringnya mereka keluar masuk klinik gigi. Dari sakit gigi, gusi hingga menambal gigi yang sudah berlubang, menjadi aktifitas biasa di klinik-klinik gigi.

Di Klinik Gigi Griya Loka, BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), perhatian terhadap permasalahan gigi dan gusi, menjadi fokus utama.

Selain melakukan terapi terhadap penyakit pasien, Drg. Lela Febriyanti Luthfi, sang dokter, juga memberikan pemahaman dan tips-tips untuk pemeliharan kesehatan gigi dan gusi. Adapun beberapa tips tersebut diantaranya, sikat gigi dengan teratur.

Untuk hasil terbaik dalam menyikat gigi, sikatlah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

“Menyikat gigi akan mencegah timbunan plak. Plak yang tidak dibersihkan akan menyebabkan karang dan menyebabkan gigi dapat berlubang,” katanya kepada kabar6.com.

Membersihkan sela-sela gigi. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi setelah makan. Benang gigi berguna untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan.

Jika diperlukan, bersihkan mulut dengan obat kumur yang mengandung fluoride setelah membersihkan sela gigi dengan benang.

Sedianya, Membersihkan bagian dalam mulut merupakan hal penting lainnya untuk dilakukan. Gunakan pembersih lidah atau bagian belakang sikat gigi untuk menghilangkan plak dari lidah.

Pastikan untuk membersihkan daerah pada perbatasan gigi dan gusi. Plak berpotensi tumbuh di perbatasan gigi dan gusi. Hal itu dapat menyebabkan radang seperti radang gusi dan lainnya.

Selain membersihkan bagian gigi dan gusi dengan bersikat gigi, melakukan pemeriksaan gigi teratur ke dokter gigi, merupakan keharusan untuk mengoptimalkan kesehatan gigi dan gusi.

“Kunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali, untuk pemeriksaan rutin dan membersihkan gigi.

Dokter gigi akan menilai kesehatan gigi Anda dan merekomendasikan tindakan yang terbaik,” jelas wanita berhijab ini.

Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat, dapat memperlambat pertumbuhan plak di gigi. Perbanyak buah dan sayuran. Jangan lupa minum cukup air untuk kesehatan secara keseluruhan dan untuk membersihkan plak. **Baca juga: Remajakan Kulit Wajah dengan Metode Tanam Benang.

“Makanan ringan seperti kue dan permen dapat membantu plak berkembang cepat. Sistem kerjanya adalah dengan melemahkan enamel gigi,” tegasnya.(asri)

Berita Terbaru