oleh

Pentingnya Menangkal Hoaks untuk Menjaga Kerukunan Umat Beragama

Kabar6-Hoaks atau berita bohong yang beredar di media sosial perlu ditangkal dengan respon cepat pemerintah dengan memberikan informasi yang benar.

Ketua Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) Kabupaten Lebak Mumu Nazmudin mengingatkan, pentingnya menangkal hoaks untuk menjaga kerukunan dan keberagaman antar umat beragama.

“Bagaiamana menjaga kerukunan antar umat beragama agar mencegah konflik,” kata Mumu kepada Kabar6.com, Sabtu (7/8/2019).

Jika hoaks terus dibiarkan, Mumu mengkhawatirkan akan berdampak pada keharmonisan yang sudah terjalin antar sesama umat beragama, khususnya di Lebak.

“Pemerintah dan pemerintah daerah harus cepat menyampaikan informasi yang benar dalam menangkal hoaks,” ujarnya.

Sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan FPLA di tiap kecamatan sambung Mumu, merupakan salah satu upaya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai keberagaman

“Ini juga harus dilakukan secara rutin. Menjaga kerukunan umat beragama. Pencegahannya yang harus kita lakukan,” ucapnya.

Terpisah, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Lebak Haerudin yang juga memberi materi dalam sosialisasi FPLA mengatakan, peran dan fungsi Kemenag dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dengan melakukan bimbingan dan pembinaan dalam pembangunan di bidang agama dan keagamaan.

“Baik yang menyangkut kehidupan beragama maupun yang menyangkut pendidikan agama dan keagamaan,” terangnya.**Baca juga: Masih Muda, Pelaku Utama Pembunuh Gadis Baduy Pernah Dipenjara karena Kasus Ini.

Tugas, pokok dan fungsi Kemenag dijabarkan dalam bentuk lima program pokok, yakni peningkatan kualitas kehidupan beragama, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, dan peningkatan tata kelola pemerintah yang bersih dan berwibawa.(Nda)

Berita Terbaru