oleh

Pengurus IPKB Perkenalkan Diri pada Bupati Tangerang, PKL Minta Solusi Berdagang

Kabar6-Lima pengurus organisasi pedagang kaki lima (PKL) yang menamakan diri Ikatan Pedagang Keliling Banten (IPKB) mendatangi kantor Bupati Tangerang di kawasan Puspemkab Tigaraksa Tangerang untuk meminta solusi terkait aktivitas para anggota PKL.

Kedatangan pengurus IPKB disambut hangat Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar didampingi Asda 1, Kepala BPBD, Kadis Kesehatan, Kasatpol PP, Kabag Hukum, Kabag KSD, dan Camat terkait.

Ketua IPKB Muttaqien Rachman mengatakan, pihaknya memaparkan tentang keberadaan organisasi IPKB dan kondisi terkini yang dialami para PKL selama pandemi covid-19 dalam pertemuan itu.

“Yang kami sampaikan kepada bupati bahwa IPKB ini adalah wadah bagi para pedagang untuk berkeluh kesah, terlebih saat ini para PKL kesulitan untuk berdagang akibat diberlakukannya PSBB Covid-19,” ungkap Muttaqien kepada kabar6.com seusai audensi dengan Bupati Zaki, Kamis (22/10/2020).

Muttaqien menjelaskan, keanggotaan IPKB saat ini telah mencapai 1245 orang yang terdaftar dan tersebar di 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Selain silaturahmi, kehadiran kami meminta solusi, karena selama pandemi covid-19 mulai dari bulan Maret 2020 sampai saat ini dampaknya sangat luar biasa, salah satu terhadap kami,” ujarnya.

Di tengah pandemic Covid-19 yang menakutkan ini, kata dia, kita dihadapkan dengan suatu dilema yang serba salah, dimana mayoritas PKL ini menjajakan dagangannya dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

“Di satu sisi kita dihadapkan dengan peraturan, disisi lain kita harus memikirkan kebutuhan keluarga kami, ini menjadi dilema, makannya kami datang mencari solusinya,” terang pria asal Sumatera ini.

Lebih lanjut dia mengapresiasi tanggapan Bupati Zaki yang menawarkan bantuan dan kelonggaran untuk para PKL melakukan aktivitasnya. “Bupati Zaki menawarkan program UMKM dengan mendaftarkan secara online melalui website atau aplikasinya,” ujarnya.

Dan itu merupakan program bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM), rinci dia, bupati juga siap memberikan Paket Sembako kepada seluruh pedagang yang membutuhkan.

**Baca juga: Bayi Perempuan dalam Kardus di Sukamulya, H Simah: Yang Nemuin Anak Emak.

Terkait aktivitas pasar dadakan, pasar kaget, pasar pagi atau pasar malam, Bupati Zaki mempersilahkan namun diluar kawasan Puspemkab Tigaraksa Tangerang. “Diperbolehkan untuk yang diluar kawasan Puspemkab dengan catatan menerapkan protokol kesehatan covid-19 dan jam operasional dibatasi sampai jam 20.00 WIB,” pungkasnya. (han)

Berikut Struktur Kepengurusan Ikatan Pedagang Keliling Banten

1.Penasehat : Yanto Bahtiar ( Opung )

2.Ketua : Muttaqien Rachman

3.Wakil Ketua : Ansori

4.Sekretaris : Asrul Hudairo ( Irul )

5.wakil sekretaris : Suhairi ( Heri )

6.Bendahara : Sriyatun

7.Bidang Kerohanian dan Pembinaan Mental

A.Nuri

8.Bidang Olahraga dan Seni Budaya : Darwis, Harun

9.Bidang Lingkungan Hidup : Dodi

10.Bidang Humas : Ramlan, Iwan Pelor

Berita Terbaru