oleh

Penghitungan Suara di TPS Memakan Waktu Lama, KPU Pandeglang; Perlu Kehati-hatian

Kabar6-Penghitungan suara para Pemilu 2019 ditiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) memakan waktu yang cukup lama, bahkan ada sejumlah TPS di Kabupaten Pandeglang rampung hingga Kamis (18/4/2019) pagi.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i menjelaskan, lamanya penghitungan suara di tiap TPS sedari awal telah diprediksi oleh pihak penyelenggara setelah melakukan kegiatan simulasi.

“Makanya ada giat Pemilu, salah satu yang diajukanya penambahan waktu untuk penghitungan. Makanya kalau tidak selesai pada pukul 24:00 masih diberikan waktu sebanyak 12 jam, tanpa jeda,” kata Suja’i, Kamis (18/4/2019).

Menurutnya, ada sejumlah kemungkinan proses penghitungan suara memakan waktu lama. Diantaranya, banyak surat suara, banyak formulir yang harus di isi dan ukuran surat suara.

“Makanya perlu ada suatu kehati-hatian jangan sampai ada kekeliruan penyebutan titik koordinat coblosan ada dimana,” terang Suja’i.**Baca juga: Bawaslu Tangsel: TPS 49 di Rengas Berpotensi PSU.

Dengan adanya kehati-hatian dalam proses penghitungan, kata Suja’i bagian dari menghasilkan kesalahan selama proses penghitungan suara di tiap TPS, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.(Aep)

Berita Terbaru