Home / Banten / Pandeglang / Pengelolaan Sampah di Pandeglang Belum Maksimal
kabar6.com
Tumpukan Sampah.(ist)

Pengelolaan Sampah di Pandeglang Belum Maksimal

Kabar6-Persoalan tumpukan sampah di TPI Teluk Labuan sempat dikomentari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Agustus lalu. Bupati Pandeglang Narulita bersama jajaran langsung turun tangan untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Tak hanya di TPI Teluk, Di beberapa kecamatan, persoalan sampah masih menyisakan persoalan dan belum terkelola dengan maksimal, lantaran minimnya sarana prasarana yang dimiliki Pemkab Pandeglang dan luas wilayah yang tidak terjangkau. Hal itu diakui oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

“Kita terbentur dengan sarana prasarana angkutan dan jarak tempuh,” kata Kabid Pengelolaan sampah dan Pertamanan DLH Pandeglang Y. Heryana,Kamis (8/11/2018).

Bagi wilayah dengan jarak tempuh yang jauh, seperti Kecamatan Cikesik, Munjul dan lainya, belum ada kerjasa dengan DLH. Jika armada yang dimiliki cukup, bisa saja DLH melakukan kerjasama dengan masyarakat tersebut.

Heryana mengaku, sampah yang sampai saat ini sudah dikelola secara rutin berada di wilayah perkotaan dan beberapa kecamatan seperti Saketi, menuju Labuan dan Cibaliung.

Sedangkan armada angkutan sampah yang dimiliki Pemkab saat ini Pick up sebanyak sembilan unit, dam truk enam unit, amr roll 13 unit dan 214 lebih personel yang di dalamnya PNS,TKK dan THL.

Dengan personil yang dimiliki, dikatakan Heryana belum maksimal termasuk armada angkutan, butuh tiga armada setiap kecamatan, baru pengelolaan sampah bisa dikatakan maksimal.

“Tiga armada untuk kecamatan lain, untuk wilayah perkotaan, seperti Pandeglang dengan jumlah penduduknya banyak bisa lebih tiga armada,” ujarnya.**Baca Juga: Lahan Perumahan PT Bunyamun Marshush di Lebak Disoal.

Terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi sampah tahun 2018 ditargetkan sebesar Rp1.024.892.400, untuk saat ini baru terealisai Rp879 juta lebih dengan presentasikan sebsar 85,7 persen.

“Mudah-mudah Desember ini bisa terlampaui,” paparnya.(aep)

Check Also

kabar6.com

Keracunan Asap Genset, Jenazah Dokter Archi Dimakamkan di Pandeglang

Kabar6-Jenazah dokter umum RSUD dr Adjidarmo Kabupaten Lebak, dr Archi Cherrya Oktiandini yang ditemukan tak ...