oleh

Pengangguran di Kabupaten Tangerang Meningkat

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, terus berupaya menekan jumlah pengangguran di wilayahnya. Itu karena, setiap tahun jumlah pengangguran di wilayah Seribu Industri ini terus meningkat.

 

Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang, Ahmad Hidayat, mengatakan peningkatan jumlah pengangguran meningkat pesat beberapa tahun terakhir.

 

“Setiap tahun jumlahnya bukan penurunan, tapi meningkat pesat,” ujarnya saat dihubungi kabar6.com, Minggu (31/5/2015).

 

Merujuk data, pada 2013, jumlah pengangguran tercatat 90 ribu. Sedangkan pada 2014, meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 288 ribu.

 

“Umumnya pengangguran didominasi oleh lulusan SMA dan SMK,” ujar Ahmad Hidayat.

 

Meningkatkan pengangguran disebabkan, minimnya skill (keahlian) yang dimiliki para calon pekerja. Selain itu, mental yang tidak siap untuk bekerja juga merupakan faktor dominan.

 

“Sebetulnya, banyak perusahaan yang butuh calon pekerja. Namun, lokasi perusahaan yang berada cukup jauh, menyebabkan para pencari kerja enggan bekerja disana,” jelasnya.

 

Ahmad menambahkan, Balai Latihan Kerja (BLK) terkadang kurang membantu untuk menekan angka pengangguran. ** Baca juga: Cisadane Fashion Carnival Tutup Festival Cisadane 2015

 

“BLK hanya melatih skill. Padahal, selain skill, juga dibutuhkan mental bagi setiap calon pekerja,” imbuhnya.

 

Akan hal demikian, pihak Disnakertrans berharap, selain pelatihan skill yang diberikan kepada tiap calon pekerja tapi, pelatihan mental akan dunia kerja juga harus diberikan. Agar para calon pekerja siap.(shy)

Berita Terbaru