oleh

Pengamanan Malam Tahun Baru, Puncak Penilaian Kamtibmas

Kabar6-Resistensi kerawanan gangguan keamanan pada perayaan malam tahun baru biasanya lebih tinggi. Sehingga kegiatan pengamanan ini menjadi puncak dari kinerja kalender keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Demikian disampaikan Kapolsek Metro Pondok Aren, Komisaris Parmono, saat memimpin Apel Pengamanan Tahun Baru 2013. “Kalau pelaksanaan pengamanan ternoda maka kerja kita selama setahun akan dapat rapot merah,” kata Parmono, Senin (31/12/2012).¬†

Parmono menjelaskan, bila dibandingkan dengan perayaan malam takbir Idul Fitri karena sebagian besar masyarakat  mudik ke kampung halamannya. Maka
pada perayaan malam tahun baru ini lebih besar rawannya karena seluruh umat bercampur baur.

Ditambah lagi ada catatan penting bahwa di wilayah DKI diberlakukan malam bebas kendaraan bermotor (care free night) di ruas jalan protokoler. Sehingga imbasnya ke wilayah penyangga ibukota dan malam nanti sirkulasi kendaraan akan lebih banyak ketimbang tahun lalu.

“Mobilisasi kendaraan akan semakin tinggi malam nanti. Kedua, Ancaman teror masih berkembang. Ada kelompok garis keras yang akan bertindak pada malam natal kemarin dan tidak berhasil. Dikhawatirkan kelompok ini akan beraksi di malam tahun baru,” terang Parmono.

Dari kemacetan arus lalu lintas ini, lanjut Parmono, kalau petugas dilapangan tidak tanggap maka akan menjadi gesekan kecil. Ditambah lagi berbagai potensi aksi kejahatan yang dimanfaatkan oleh para pelaku seperti copet, jambret dan pencurian kendaraan bermotor juga akan timbul. Penjual petasan bila dilihat ada maka harus disita dan masyarakat yang bermain maka diimbau.

“Kedepankan persuasif untuk memberikan mereka keselamatan. Bekerja secara ikhlas, jaga kekompakan. Mudah-mudahan niat ikhlas bisa tulus terlaksana. Selesai kegiatan kita konsolidasi,” tegas Parmono.

Pada kegiatan pengamanan tersebut turut melibatkan sejumlah instansi seperti Dishubkominfo dan Satpo PP Kota Tangsel. Satuan pengamanan pengembang perumahan Bintaro Jaya Property, Pramuka dan personel TNI/Polri.(yud)

Berita Terbaru