oleh

Penerbangan Berangsur Pulih, Kapasitas Terminal Bandara Soekarno-Hatta Dioptimalkan

Kabar6-Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan mulai 23 Juli 2020 seluruh penumpang Citilink akan memproses keberangkatan dan ketibaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta.

“Koordinasi dan persiapan telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Citilink agar perpindahan operasional ke Terminal 3 mulai 23 Juli 2020 berjalan lancar. Melalui kebijakan ini maka Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih baik dalam melayani penumpang pesawat,” jelas Agus Haryadi, Rabu 22/7/2020.

Dengan demikian, ujar Agus Harydi, nantinya di Terminal 3 akan dilayani penerbangan rute domestik dari Garuda Indonesia dan Citilink.  Di Terminal 3 saat ini juga dilayani penerbangan rute internasional yang dioperasikan oleh maskapai nasional dan maskapai asing.

Hal ini dilakulan merupakan bagian dari optimalisasi kapasitas Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta menyusul berangsur pulihnya penerbangan.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan meningkatnya lalu lintas penerbangan dan meningkatnya utilisasi slot time juga diikuti peningkatan utilisasi kapasitas penumpang di Terminal 2 Soekarno-Hatta.

“Di tengah COVID-19 ini Soekarno-Hatta beroperasi dengan Terminal 2 dan Terminal 3. Pada bulan ini, lalu lintas penerbangan mulai berangsur pulih dan Terminal 2 melayani hingga 70 persen total penumpang di Soekarno-Hatta, sementara 30 persen dilayani melalui Terminal 3,” ujarnya Rabu 22/7/2020.

Pada bulan ini, Wasid mengatakan, rata-rata jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta berkisar 400-430 penerbangan/hari atau meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya sekitar 200 penerbangan/hari. Jumlah traffic ini memang masih jauh dari angka di periode normal sebelum pandemi COVID-19, namun dalam beberapa waktu terakhir tren lalu lintas penerbangan semakin menguat.

**Baca juga: Berangsur Pulih, Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Meningkat Tajam.

Adapun utilisasi slot time juga semakin meningkat di mana pada 1 – 20 Juli 2020 sudah mencapai sekitar 34 persen dari sebelumnya hanya sekitar 10 persen.

“Melihat kondisi ini, kami akan melakukan penyeimbangan agar Terminal 2 dan Terminal 3 masing-masing terminal bisa melayani 50 persen dari total penumpang di Soekarno-Hatta,” ujar Muhamad Wasid. GFM

Berita Terbaru