oleh

Penemuan Mengejutkan, Fosil Dinosaurus Kecil Berlapis Baja di Argentina

Kabar6-Penemuan dinosaurus kecil berlapis baja yang sebelumnya tidak dapat diidentifikasi di selatan Argentina mengejutkan para ahli paleontologi.

Dinosaurus kecil berlapis baja ini kemungkinan berjalan tegak dengan kaki belakangnya menjelajahi wilayah yang saat itu panas beruap sekira 100 juta tahun yang lalu.

Menurut para paleontologi, melansir Mashable, dinosaurus Zaman Cretaceous (Kapur), bernama Jakapil Kaniukura, akan terlindung baik dengan deretan baju besi yang berbentuk seperti cakram tulang yang mengelilingi sepanjang leher dan punggungnya, lalu turun ke bagian ekornya. Panjangnya sekira 1,5 meter dengan berat hanya sekira 4-7kg, mirip dengan kucing rumahan pada umumnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Laporan Sains, lmuwan mendeskripsikan Jakapil, ‘Sisa-sisa fosilnya digali dalam dekade terakhir di dekat bendungan Patagonia di zona paleontologi La Buitrera, Provinsi Rio Negro’.

Para ilmuwan mengatakan, penemuan Jakapil menandai penemuan pertama dari kelompok dinosaurus berlapis baja dari zaman Kapur, Amerika Selatan. ** Baca juga: Jelajahi Hutan Karibia, Ilmuwan Temukan Bakteri Terbesar di Dunia

Jakapil merupakan bagian dari kelompok dinosaurus thyreophoran, seperti Stegosaurus, yang dikenal dengan pelat punggung yang bertulang dan ekor runcing, diikuti dengan bagian tubuh tank seperti Ankylosaurus, diselubungi dengan lapisan baja, serta bentuk ekor seperti tongkat.

Kepala Paleontologis, Sebastian Apesteguia, serta rekannya menemukan serpihan kerangka dari Jakapil bersama dengan 15 fragmen gigi yang berbentuk seperti daun, mirip dengan gigi iguana.

Jakapil menyerupai bentuk primitif dari thyreophoran yang hidup jauh lebih dulu, yang membuatnya mengejutkan bahwa Jakapil berasal dari Periode Cretaceous.(ilj/bbs)