oleh

Penemuan Mengejutkan, Ada Cyanobacteria yang Hidup 600 Meter di Bawah Tanah Tanpa Sinar Matahari

Kabar6-Penemuan mengejutkan dialami ilmuwan, setelah mengetahui adanya kehidupan di bawah Bumi yaitu pada kedalaman 2.000 kaki atau 610 meter di bawah permukaan Bumi.

Bagaimana tidak, melansir phys, ilmuwan menemukan cyanobacteria dapat hidup di kedalaman yang sangat gelap di bawah permukaan Bumi. Padahal di sana tidak ada sinar matahari, air, dan nutrisi sangat jarang ditemukan. Cyanobacteria ada di daerah Iberian Pyrite yang terletak di barat daya Spanyol. Di sana terdapat danau yang berwarna merah menyala di tengah batuan gersang.

Penelitian tentang penemuan kehidupan (cynobacteria) di kedalaman lebih dari 600 meter itu telah dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

Seorang peneliti bernama Fernando Puente-Sanchez yang memimpin penelitian mengungkapkan, mereka awalnya tak berniat mencari cynobacteria di dalam tanah. Melainkan mempunyai misi menemukan sejenis mikroba yang mengoksidasi besi dan belerang di permukaan.

“Sebenarnya, kami tidak bermaksud mencarinya bakteri itu. Sebaliknya, cyanobacteria ada di mana-mana di bebatuan. Awalnya, kami mengira itu kesalahan,” ungkap Sanchez. ** Baca juga: 60 Tahun Jadi ‘Pajangan’ di Museum Thailand, Jasad Kanibal Tiongkok Ini Akhirnya Dikremasi

Dijelas, kemampuan hidup cynobacteria sangat unik. Jika kita pergi ke padang pasir, laut, bahkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, kita bisa menemukan bakteri jenis ini.

Cyanobacteria memegang penting dalam catatan sejarah Bumi. Mereka bertanggung jawab untuk memompa oksigen ke atmosfer, dan membuka jalan kehidupan mereka dengan berenang, meluncur, melompat, terbang dan berlari mengelilingi planet.

Selain itu, cyanobacteria dapat bertahan hidup tanpa sinar matahari karena mereka menggerogoti gas hidrogen. Hal itu sangat cocok dengan penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kurangnya hidrogen di suatu daerah sebanding dengan keberadaan cyanobacteria.

Ada kehidupan di bawah Bumi termasuk penelitian yang sangat penting karena ilmuwan bisa mengaplikasikan penelitian ini di planet Mars. Mungkin saja terdapat mikroba yang sejenis di bawah permukaan Mars, sehingga sejarah Mars bisa terungkap.

Penelitian mengenai adanya kehidupan di bawah Bumi sangat menarik karena cynobacteria lebih kuat dari yang kita duga selama ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru