oleh

Penelitian: Semakin Tua, Orang Mudah Bertambah Berat Badan

Kabar6-Anda tentu pernah mengamati, orang yang sudah berumur lebih cepat gemuk dibandingkan saat mereka muda. Ya, berat badan memang berbanding lurus dengan usia Anda.

Menurut hasil penelitian di Institut Karolinska Swedia yang telah diterbitkan dalam Jurnal ‘Nature Medicine’, melansir Okezone, pergantian lipid dalam jaringan lemak akan berkurang pada usia tua. Jadi, itulah alasan mengapa semakin bertambah tua, seseorang akan semakin mudah menjadi gemuk.

Meskipun hal ini tidak disertai dengan makan secara berlebihan maupun karena kurang berolahraga. “Proses dalam jaringan lemak kita mengatur perubahan berat badan selama masa bertambahnya usia dengan cara yang independen, sehingga tidak tergantung pada faktor-faktor lainnya,” demikian tulis Peter Arner, Profesor di Karolinska Institute Swedia.

Tim peneliti lantas mempelajari sel-sel lemak yang ada pada 54 subjek, pria dan wanita, dalam periode rata-rata 13 tahun. Semua subjek menunjukkan penurunan pergantian lipid dalam jaringan lemak, yaitu tingkat di mana lipid dalam sel-sel lemak dibuang dan disimpan.

Bagi para subjek yang tidak mengimbangi pola makannya dengan mengurangi mengonsumsi kalori, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebesar 20 persen.

Selain itu, para peneliti juga mempelajari pergantian lemak pada subjek 41 wanita yang menjalani operasi bariatrik, dan bagaimana tingkat pergantian lipid mempengaruhi berat badan tetap terjaga pada empat hingga tujuh tahun setelah menjalani operasi.

Hasil dari subjek 41 wanita ini menunjukkan, hanya mereka yang memiliki tingkat pergantian lipid yang rendah sebelum operasi, berhasil meningkatkan pergantian lipid dan mempertahankan berat badan. ** Baca juga: Susah Tidur Malam, Mungkin Ini Penyebabnya

Para peneliti percaya, orang-orang ini akan mengalami peningkatan pergantian lipid daripada mereka yang belum menjalani operasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru