oleh

Penelitian: Panjang Umur Bisa Didapat Apabila Seseorang Bahagia dengan Hidupnya

Kabar6-Siapa sih yang tidak mau panjang umur? Namun tahukah Anda, salah satu kunci hidup panjang umur bisa dimulai dari diri sendiri? Ya, kunci itu adalah merasa bahagia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ oleh Andrew Steptoe dari University College of London, melansir Fimela, menemukan bahwa hidup panjang umur bisa didapat jika seseorang merasa bahagia dengan hidupnya. Penelitian ini melihat hubungan antara rasa bahagia dan positif dengan potensi hidup panjang umur.

Penelitian yang melibatkan 10 ribu pria dan perempuan di Inggris dari 2002-2013 ini menemukan bahwa partisipan yang merasa bahagia dengan kehidupannya memiliki harapan hidup lebih tinggi.

Sebanyak 24 persen orang yang mengaku puas dan bahagia dengan hidupnya lebih panjang umur dan tidak mudah sakit dibanding mereka yang mengaku tidak menikmati hidupnya. ** Baca juga: Bersihkan Usus Besar dengan Konsumsi 5 Makanan Sehat

“Semakin besar orang memandang kehidupan secara positif, semakin baik kesehatan dan probabilitas hidup panjang umur. Menjaga pertemanan dan hubungan sosial yang baik dengan orang lain merupakan bekal yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental,” urai Andrew Steptoe.

Jadi, apabila Anda ingin panjang umur, berbahagialah dengan hidup yang sedang dijalani. Mudah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru