oleh

Penelitian: Orang Lebih Nyaman Berinteraksi dengan Mereka yang Kepribadiannya Nyaris Sama

Kabar6-Beberapa orang sering jatuh cinta pada sosok yang sangat berbeda dengan dirinya, karena merasa¬† tertarik pada ‘perbedaan’ yang dimiliki. Namun tahukah Anda, ternyata akan lebih mudah jatuh cinta pada orang yang mirip dengan kita?

Bukan sekadar ungkapan, hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, melansir Fimela, mencoba menganalisis jejak digital orang-orang pengguna Facebook tentang siapa saja yang mereka sukai. Hasilnya, sebagian besar orang lebih nyaman berinteraksi dengan orang-orang yang hampir mirip kepribadiannya dengan mereka.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan, orang mudah jatuh cinta pada orang-orang yang mirip dengan mereka secara keyakinan, filosofi hidup, sikap dan kepribadian.

Dari 1.523 responden survei yang merupakan pasangan, teman dan kenalan ini peneliti menemukan bahwa 86 persen dari mereka memiliki banyak kesamaan satu sama lain.

Jadi, meski mengaku menyukai orang yang ‘jauh berbeda’ dengan Anda, bisa jadi sebenarnya Anda tidak benar-benar berbeda. Entah itu berbeda selera musik, bacaan buku, makanan dan cara pakaian. Mungkin Anda memiliki cara pandang yang sama terhadap hal-hal tertentu sehingga bisa sehati.

Ya, kita memang tidak akan pernah tahu akan jatuh cinta pada siapa, bisa teman sendiri atau justru orang asing yang belum pernah ditemui sebelumnya. Namun akan selalu ada penjelasan mengapa kita bisa tertarik pada orang tertentu. ** Baca juga: Apa yang Terjadi pada Otak dan Tubuh Saat Baca Berita Tentang COVID-19?

Apakah Anda pun demikian? (ilj/bbs)

Berita Terbaru