oleh

Penelitian: Nonton Film Romantis Bareng Suami Bisa Hindari Perceraian

Kabar6-Ada banyak genre film yang dapat menjadi pilihan untuk menikmati akhir pekan bersama pasangan. Biasanya, untuk pasangan yang sedang melakukan ‘pedekate’, film romantis banyak dipilih untuk ditonton.

Nah, bagaimana dengan pasangan suami istri (pasutri)? Ternyata pilihan untuk menonton film romantis dengan pasangan mempunyai efek mengejutkan terhadap hubungan cinta bahkan pernikahan, lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology, American Psychological Association, melansir Fimela, menemukan bahwa menonton film romantis dengan suami bisa menyelamatkan pernikahan dari perceraian. Penelitian yang dilakukan terhadap 174 pasangan menikah ini membagi tiga kelompok.

Kelompok pertama adalah pasangan yang menerapkan active listening, menjadi pendengar satu sama lain. Kelompok kedua menerapkan affection and empathy, menghujani pasangan dengan segala tindakan kasih sayang dan bentuk perhatian yang intens. Sedangkan kelompok ketiga menerapkan cara santai menikmati waktu sambil nonton film dan makan popcorn.

Hasilnya, kelompok ketiga memiliki cara terapi lebih efektif menguatkan hubungan cinta dan menghindari perceraian. Penelitian menunjukkan, menonton film dengan pasangan mengurangi risiko perceraian dari 24 persen menjadi 11 persen setelah tiga tahun.

Ketua penelitian bernama Ronald Rogge mengungkapkan, setiap pasangan sebenarnya sudah memiliki skill yang dibutuhkan untuk menjaga hubungan cinta.

Hanya saja, mereka butuh diingatkan sesekali. Salah satunya adalah dengan duduk santai berdua sambil nonton film yang dekat dengan kondisi mereka saat ini. ** Baca juga: Dibanding Gula Biasa, Brown Sugar Lebih Sehat?

Selain makin romantis, pasutri pun terhindar dari perceraian.(ilj/bbs)

Berita Terbaru