oleh

Penelitian: Ini Waktu Tepat untuk Ganti Sprei

Kabar6-Berapa kali Anda mengganti sprei dalam seminggu? Mengganti sprei merupakan hal yang wajib Anda lakukan setiap beberapa waktu sekali. Menurut penelitian, meski tak terlihat, bakteri dan virus sering kali berkumpul di sprei dan sarung bantal ataupun sarung bantal.

Secara tidak sadar, sprei yang sudah lama tidak dicuci akan menjadi sarang bakteri dan bisa membuat tubuh sakit. Tak hanya debu saja yang bisa menjadi kotoran penyebab bakteri di sprei. Lebih jauh, kotoran lain seperti keringat, air liur, urine, kulit, make up dan berbagai hal lain bisa menjadi penyebab tumbuhnya bakteri dan virus di sprei.

Menurut Philip Tierno dari New York University School of Medicine, sprei yang telah dipenuhi dengan bakteri tak hanya menyebabkan munculnya berbagai penyakit saja. Bakteri ini juga akan membuat sprei terlihat kotor, membuat tidak nyaman dan mengganggu kualitas tidur. Lantas,kapan waktu yang tepat untuk mengganti sprei?

Hasil studi yang dilakukan beberapa ahli termasuk Philip, melansir Fimela, mengungkapkan bahwa waktu yang tepat untuk ganti sprei adalah satu minggu sekali. Ini adalah waktu paling ideal dan rata-rata untuk ganti sprei.

“Usahakan untuk mengganti sprei dalam satu satu atau paling lama dua minggu sekali. Tapi tetap, ini tergantung seberapa parah kotoran yang ada di sprei tempat tidur Anda. Semakin mudah kotor, disarankan agar Anda mengganti dan mencucinya semakin sering,” jelas Tierno.

Mengganti dan mencuci sprei satu minggu sekali dipercaya bisa menurunkan pertumbuhan bakteri. Sprei di tempat tidur juga akan tetap nyaman serta membuat tidur selalu berkualitas.

Ketika sprei dan tempat tidur bersih serta nyaman, tak hanya tidur berkualitas saja yang akan didapatkan. Hubungan bersama suami/istri juga akan semakin romantis dan terjaga. ** Baca juga: Bagaimana Konsumsi Sayuran Agar Mudah Dicerna Tubuh?

Jangan malas ganti sprei, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru