oleh

Peneliti Thailand Kembangkan Vaksin COVID-19 untuk Dorong ‘Pariwisata Medis’

Kabar6-Thailand tengah membangun momentun untuk menciptakan vaksin virus corona buatan sendiri. Mereka berharap, penemuan vaksin itu dapat mendorong pariwisata medis ke negara itu.

Ya, Thailand sedang menguji coba vaksin menggunakan monyet sejak bulan lalu. Dan hal itu merupakan satu dari sekira 100 potensi vaksin yang sedang dikembangkan di penjuru dunia. Diharapkan, vaksin itu tersedia tahun depan dengan harga yang terjangkau.

Perusahaan lokal Bionet-Asia, melansir thestar, bekerjasama dengan pemerintah dan universitas di Bangkok mengerahkan 250 orang dan semua laboratorium, teknologi, dan fasilitas produksi untuk mengembangkan vaksin itu.

“Dalam kasus Covid, ada upaya global mempercepat eksperimen, uji coba, membagi informasi, membagi diagnostik dan itulah mengapa kita dalam posisi juga, untuk bergerak sangat cepat,” jelas chief executive officer, Pham Hong Thai.

Dijelaskan Pham, tes pada hewan sejauh ini memberikan hasil menjanjikan dan tahap selanjutnya meminta izin pemerintah untuk uji klinik melibatkan manusia.

Diketahui, dengan hanya 3.082 kasus dan 57 kematian, Thailand sukses mencegah virus corona dan melonggarkan banyak pembatasan. ** Baca juga: Krisis Ekonomi di Kuba, Kelinci Bisa Jadi ‘Mata Uang’

“Thailand memiliki sistem perawatan kesehatan bagus, praktik medis bagus. Ini akan menarik banyak minat dari turis dan investor serta mendorong kami sebagai pusat medis,” kata Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul.

Di tengah musibah, ternyata ada celah menjanjikan untuk sektor pariwisata.(ilj/bbs)

Berita Terbaru