oleh

Peneliti Sarankan Serangga Jadi Makanan di Planet Mars

Kabar6-Hingga saat ini para peneliti masih melakukan eksplorasi luar angkasa dan penjelajahan ke planet lain. Termasuk rencana pemindahan manusia untuk tinggal di planet Mars.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar manusia bisa bertahan hidup di planet Mars, salah satunya adalah bagaimana cara untuk bertahan hidup. Melansir metro.co.uk, diperkirakan satu juta orang dapat bertahan hidup di Mars, selama setuju menanam makanan mereka sendiri dan memakan serangga.

“Kami memodelkan kebutuhan kalori dan kebutuhan lahan untuk permukiman permanen Mars yang mencapai populasi satu juta orang dan menjadi swasembada pangan dalam satu abad,” demikian tulis para peneliti dalam jurnal New Space.

Pada model itu disebutkan, kebutuhan kalori dipenuhi dengan makanan yang diproduksi secara lokal di planet Mars dikombinasikan dengan impor dari Bumi. Produksi dan distribusi makanan kemungkinan akan membentuk bagian penting dari pertumbuhan ekonomi Mars, dengan input dari industri tradisional (bioteknologi, robot, pertanian) dan yang baru.

Sementara penelitian sebelumnya menemukan, sebanyak 84 persen orang beralih ke diet vegetarian atau vegan kembali makan daging. Untuk membantu memuaskan nafsu manusia akan daging, para peneliti menyarankan untuk menanam serangga seperti jangkrik.

Namun untuk mereka yang yang takut akan hal-hal baru dan memutuskan tidak memakan serangga, pengganti daging itu dapat diubah menjadi tepung kriket olahan sehingga ‘menyembunyikan’ asal-usulnya makanan tadi.

Ditambahkan para peneliti, “Jenis pertanian ini sangat bagus karena memberikan kalori dalam jumlah besar per unit tanah sambil menggunakan air dan pakan dalam jumlah yang relatif kecil.” ** Baca juga: AS Anggap Masker Wajah Dapat Ganggu Penggunaan Teknologi Pengenalan Wajah

Nah, mereka yang menginginkan aneka makanan dan camilan, dapat mengimpornya dari Bumi. Hal ini karena manusia membutuhkan kalori dan nutrisi agar tetap bertahan, baik di Bulan atau planet mana pun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru