oleh

Peneliti dari AS Tumbuhkan Paru-paru Manusia di Laboratorium

Kabar6-Para peneliti berhasil menemukan sebuah terobosan yang dapat merevolusi pengobatan transplantasi organ manusia, dengan menumbuhkan paru-paru manusia di laboratorium untuk pertama kalinya.

Dengan menggunakan bagian dari paru-paru dari dua anak yang sudah meninggal, melansir Foxnews, peneliti dari University of Texas Medical Branch di Galveston menciptakan struktur perancah dengan membuka satu set paru-paru hingga hanya terdiri dari kolagen dan elastin yang merupakan komponen utama dalam jaringan ikat.

Mereka lalu mengumpulkan sel dari set paru-paru yang lain dan dimasukkan ke perancah, sebelum menempatkannya dalam ruangan berisi cairan bergizi.

Empat minggu kemudian, tim memiliki paru-paru manusia yang lengkap, dan mereka berhasil mengulangi prosedur tersebut dengan menggunakan satu set paru-paru yang lain.

Para peneliti pertama kali mengembangkan teknik ini pada 2010 lalu, dan saat itu menguji metode dengan menggunakan paru-paru tikus dan paru-paru babi sebelum melakukan pengujian pada paru-paru manusia. ** Baca juga: Momen Langka, Sepasang Kekasih Menikah dengan Latar Belakang Erupsi Gunung Taal di Filipina

“Dibutuhkan waktu satu tahun untuk kami meyakinkan diri sendiri dan membuktikan bahwa kami benar-benar melakukan suatu pekerjaan yang baik dan benar. Anda tidak dapat begitu saja berlari keluar dan memberitahu dunia bahwa Anda memiliki sesuatu yang hebat sampai Anda telah membuktikan kepada diri sendiri bahwa kita benar-benar melakukan sesuatu yang menakjubkan,” kata peneliti Dr Joan Nichols.

Meskipun para peneliti gembira tentang hasil penemuan tersebut, mereka mengatakan bahwa perlu waktu minimal 12 tahun penelitian lebih lanjut sebelum dapat menggunakan paru-paru yang dikembangkan oleh lab digunakan untuk transplantasi manusia menjadi kenyataan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru