oleh

Peneliti Ciptakan Popok Bayi yang Bisa Beritahukan Orangtua Saat Basah

Kabar6-Banyak orangtua atau pasangan muda yang memiliki bayi, tidak menyadari kalau popok yang dipakai si kecil ‘sudah penuh’, membuat mereka tidak nyaman hingga akhirnya menangis.

Nah, para peneliti dari Massachusetts Institue of Technology (MIT), melansir sciencedaily, telah berhasil membuat sebuah sensor RFID (Radio-frequency Identification) berukuran kecil, yang nantinya bisa ditanamkan ke popok bayi. Rupanya, peneliti dari MIT ingin membuat sebuah teknologi popok bayi baru yang dapat memberitahu orangtua ketika popok sedang basah, tanpa harus langsung mengeceknya.

Terdapat sensor khusus yang dapat mendeteksi tingkat kelembapan di popok bayi, kemudian akan diteruskan oleh RFID dengan cara mengirim notifikasi ke RFID reader.

Nantinya, notifikasi tersebut dapat dikirimkan ke ponsel orangtua sehingga bisa segera mengganti popok bayi mereka. ** Baca juga: C-mask, Masker Buatan Jepang yang Terkoneksi Internet

Peneliti di MIT ingin menghadirkan teknologi ini dengan tidak mengubah ukuran dan bentuk popok bayi pada umumnya, serta dijual dengan harga terjangkau.(ilj/bbs)

Berita Terbaru