oleh

Peneliti AS Temukan Kerangka Kepala Hiu Berusia 330 Juta Tahun dalam Sebuah Gua

Kabar6-Para peneliti di Amerika Serikat (AS) mereka menemukan sisa-sisa kepala hiu yang membatu pada dinding di Taman Nasional Gua Mammoth, yang menurut Dinas Taman Nasional adalah sistem gua terpanjang di dunia.

Seorang paleontolog dan koordinator program di Dinosaur Park, Maryland, yang bernama John-Paul Hodnett menerangkan, temuan mengejutkan itu berawal ketika tim peneliti tengah menyelidiki sistem gua. Saat itulah, melansir Gizmodo, mereka menemukan fosil hiu yang diperkirakan berusia sekira 330 juta tahun.

Tim peneliti lantas mengirim foto-foto temuan tadi kepada Hodnett, sehingga dapat membantu mengidentifikasi temuan itu. Hodnett berhasil mengidentifikasi sebagian besar fosil, tetapi yang membuatnya lebih bersemangat lagi adalah saat mendapati sejumlah gigi hiu yang terkait dengan sebagian besar tulang rawan fosil.

“Ini semacam masalah besar,” ungkap Hodnett. “Itu mengisyaratkan mungkin ada kerangka hiu di gua.”

Kerangka hiu terbuat dari tulang rawan, yang tidak menjadi fosil serta tulang. Tulang rawan yang diawetkan hanya dapat ditemukan di beberapa lokasi tertentu di seluruh dunia. Di sisi lain, gigi hiu adalah salah satu fosil paling umum yang ditemukan di sekitar planet ini.

Hodnett lantas mengunjungi Taman Nasional Gua Mammoth untuk memeriksa fosil-fosil itu. Meskipun tidak menemukan kerangka penuh, Hodnett menemukan bagian-bagian dari kepala yang termasuk hiu prasejarah, yang disebutkan seukuran dengan hiu putih besar modern.

Hodnett telah mengidentifikasi rahang bawah, gigi, dan tulang rawan bawah sepanjang 1,5 meter milik satu hiu besar yang terpampang pada dinding, dan sekira 100 gigi yang sangat rinci dari spesies hiu lainnya.

“Apa yang kami lihat di gua itu sungguh luar biasa karena hanya dari bentuk rahangnya kita akan dapat mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana spesies ini hidup dan kita akan dapat memasangnya di pohon keluarga hiu lebih akurat,” terang Hodnett.

Tim peneliti menentukan hiu itu masuk spesies yang disebut Saivodus striatus, hidup selama periode geologis akhir Mississippian, lebih dari 330 juta tahun yang lalu. ** Baca juga: 4 Binatang yang Ternyata Mampu Bertahan Hidup dari Radiasi Nuklir

Mayoritas fosil hiu yang ditemukan oleh para peneliti berasal dari lapisan batu yang memanjang dari Missouri ke Virginia. Namun, ini adalah pertama kalinya keberadaan hiu didokumentasikan.

“Gua Mammoth memiliki catatan fosil hiu yang kaya dan masih banyak lagi yang harus diungkap,” tambah Hodnett.(ilj/bbs)

Berita Terbaru