oleh

Penderita DBD di Lebak Capai Puluhan, Perindo Minta Pemda Tingkatkan Upaya Pencegahan

Kabar6-Hingga pertengahan Maret, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lebak sudah hampir mencapai 50 orang.
Rata-rata mereka yang terjangkit penyakit yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti berada pada usia produktif dari usia 15 hingga 59 tahun.
Ketua DPD Perindo Lebak Aad Firdaus, mengatakan, selain peran aktif masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan, pemerintah daerah (Pemda) diminta meningkatkan tindakan pencegahan dalam penularan DBD.
“Pencegahan sampai pada pemberantasan tidak cukup hanya dengan penguatan melalui sosialisasi kepada masyarakat,” kata Aad saat dihubungi Kabar6.com, Rabu (18/3/2020).
Menurut anggota DPRD Lebak asal Dapil I, di dalam upaya pencegahan hingga pemberantasan, pemda membutuhkan terobosan baru selain hanya sebatas sosialisasi dan fogging.
“Bagaimana agar pemerintah bersama masyarakat fokus menyasar pada potensi perkembangbiakan jentik nyamuk. Nah, ini butuh terobosan baru,” sebutnya.
Lebih lanjut, dalam pekan ini, dirinya menerima permintaan warga di beberapa titik yang menginginkan agar lingkungan mereka dilakukan fogging lantaran sudah terdapat sejumlah kasus DBD di lokasi tersebut. Salah satunya di Komplek BTN Depag, Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung.
“Tergantung permintaan warga melalui surat resmi karena memang di lingkungan mereka sudah ada beberapa kasus terjadi,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru