oleh

Pendaki Gunung di Prancis Temukan Pesan yang Dijatuhkan Burung Merpati Pos 110 Tahun Lalu

Kabar6-Seorang pendaki gunung bernama Jade Halaoui dan rekannya menemukan artefak sejarah yang tidak biasa, yaitu pesan yang dibawa burung merpati pos, berasal dari 110 tahun sebelumnya, saat mendaki gunung di timur laut Prancis.

Halaoui mengaku, saat sedang mendaki dengan rekannya di daerah Ingersheim, mereka melihat sebuah silinder aluminium kecil di tanah. “Saya menggalinya dan memotongnya untuk melihat isinya,” jelas Halaoui.

Saat dibuka, melansir smithsonianmag, di dalamnya ada selembar kertas kecil bertuliskan pesan yang tidak bisa dipahami. Mereka pun membawanya ke museum Linge Memorial, di mana kurator bernama Dominique Jardy meminta bantuan seorang teman berbahasa Jerman untuk menerjemahkan naskah kecil itu.

Pesan tadi tertanggal 16 Juli dan diyakini berasal dari 1910, ditulis oleh seorang perwira infanteri Prusia dan merinci latihan militer di daerah Ingersheim ketika Alsace berada di bawah kendali Jerman.

Jardy menuturkan, kapsul aluminium itu diyakini telah dijatuhkan oleh burung merpati pos yang ditugaskan untuk mengirimkannya ke penerima yang dituju. Jardy mengatakan, penemuan itu sangat tidak biasa.

“Ini benar-benar sangat, sangat, sangat langka,” katanya. “Benar-benar luar biasa,” ujar Jardy. ** Baca juga: Apes, 8 Anggota Girlband K-Pop Disangka PSK di Bandara Los Angeles

Dikatakan, pesan berumur seabad lebih itu sekarang akan ditampilkan di museum.(ilj/bbs)

Berita Terbaru