Pencari Jamur Temukan Seekor Rusa Mati yang Miliki 2 Kepala di Hutan Minnesota

Rusa dengan dua kepala yang ditemukan di hutan Minnesota, AS.(bringmethenews)

Kabar6-Hal langka sekaligus mengejutkan dialami para pencari jamur di hutan Minnesota, Amerika Serikat. Mereka menemukan seekor rusa yang sudah mati, memiliki dua kepala dalam satu tubuh.

“Ini sangat menakjubkan dan langka,” kata Gino D’Angelo, ekolog rusa dari University of Georgia yang mempelajari bangkai hewan misterius tersebut.

Ditambahkan, “Kami tidak bisa memperkirakan kelangkaannya. Dari puluhan juta anak rusa yang lahir setiap tahun di AS, sangat mungkin terjadi kelainan di alam liar. Bahkan, mungkin ada yang tidak kita ketahui.”

Rusa yang ditemukan ini, melansir bringmethenews, merupakan kembar siam. Menurut literatur ilmiah, dari 1671 hingga 2006, hanya ada 19 kasus kembar siam yang terjadi pada satwa liar. Lima di antaranya terjadi pada rusa. Pada rusa berekor putih, hanya ada dua kasus kembar siam, itu pun saat mereka masih berupa janin dan tidak sempat dilahirkan karena mati dalam rahim induknya.

Para peneliti melakukan pembedahan, pindai CT, dan MRI pada tubuh rusa berkepala dua tersebut di laboratorium diagnostik University of Minnesota. Ditemukan fakta, anak rusa betina ini memiliki satu tubuh, tetapi tulang belakangnya menyimpang di bagian dada dan membelahnya jadi dua. Oleh karena itu, ia memiliki dua leher dan kepala yang terpisah.

Paru-parunya yang terisi air, langsung tenggelam ke dasar, menandakan bahwa rusa tersebut tidak pernah menghirup udara dunia dan langsung mati saat dilahirkan.

Dengan kondisi tubuh seperti itu, menurut para peneliti, anak rusa tersebut memang tidak ditakdirkan untuk hidup. “Anatominya menunjukkan bahwa ia tidak akan pernah bisa hidup di dunia,” jelas Gino. ** Baca juga: Di Nepal, Gadis yang Belum Puber Dianggap Sebagai Inkarnasi Dewi Taleju

Penemuan tersebut dipublikasikan pada jurnal The American Midland Naturalist.(ilj/bbs)