oleh

Pemprov Banten Usulkan TPST Terpusat, Wagub: Mari Rembuk Bersama

Kabar6-Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy sedang mengusulkan adanya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) terpusat untuk seluruh Kota/Kabupaten di Provinsi Banten.

Andika menjelaskan, hal itu telah menjadi kebutuhan dasar, dimana dirinya melihat salah satu permasalahan pengelolaan sampah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) karena kekurangannya lahan.

“Tapi dimana wilayah yang mau jadi tempat pembuangan kan nggak ada yang pasti. Jadi kita harus rembuk bersama dengan temen-temen kabupaten dan kota,” ujarnya kepada Kabar6.com, Jumat (26/2/2021).

Andika menerangkan, melihat dari proses kerjasama pengelolaan sampah antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dan Pemkot Serang saja masih terkendala bahkan diprotes oleh masyarakat Kota Serang.

Andika memaparkan, padahal kerjasama itu hanya 400 ton sampah yang akan dikirim Tangsel ke TPAS Cilowong Kota Serang.

“Serang aja cuman dikirim sampahnya aja nggak mau, kan itu kita Provinsi fungsi kordinasi mana wilayahnya kira-kira yang memang bersedia. Tidak bisa kita tunjuk juga kan kita harus duduk bersama buktinya kan tangsel dan kota serah hanya 400ton itu mandek kan istilahny diprotes,” ungkapnya.

Maka dari itu, Andika menjelaskan, pihaknya sebagai fungsi koordinasi akan terus berupaya dengan kabupaten dan kota lain untuk mensosialisasikan terkait sampah.

**Baca juga: Angka Kemiskinan Banten Naik, Andika Berikan Beberapa Stimulus

“Peran provinsi itu fungsi kordinasi, jadi fungsi kordinasi terhadap kabupaten kota dalam pelaksanaan kebijakan-kebijakannya baik itu kerjasama bidang sampah maupun lain sebagainya yang terpenting tadi program kabupaten kota ini dapat linear dengan pemerintah pusat dan provinsi,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru