oleh

Pemprov Banten Sediakan 10 Hektar Lahan Untuk Huntap Korban Tsunami

Kabar6-Pemprov Banten menggelontorkan anggaran kurang lebih 10 miliar untuk pembebasan lahan yang bakal dijadikan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban Tsunami Selat Sunda dengan luas lahan diperkirakan mencapai hampir 10 hektar.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Banten M Yanuar menjelaskan, lahan yang bakal dijadikan Huntap tersebar ditiga kecamatan. Adapun total anggaran yang disiapkan Pemprov Banten sebesar 11 miliar, namun hanya terserap 10 miliar.

“Lahannya di tiga kecamatan, kalau luasnya diperkirakan hampir 10 hektar (dengan menelan biaya) sekitar 10 miliar yang terserap dari 11 miliar sesuai harga Appresial,” kata Yanuar di pendopo Pandeglang, Jumat (22/11/2019).

Lokasi lahan Huntap ditiga kecamatan itu diantaranya, Desa Sukarame Kecamatan Carita, Desa Banyu Mekar, Kecamatan Labuan Desa Sumberjaya, Desa Tunggaljaya, Desa Cigorondong, Desa Tamanjaya, Desa Ujungjaya Kecamatan Sumur. Yanuar menegaskan, pembayaran pembelian lahan saat ini sudah bisa dilakukan.

“Paling lambat sesuai SOP hari Selasa (26/11) mereka sudah mereka langsung ke rekening pemilik lahan,”ujarnya.**Baca juga: Pemkab Pandeglang Didesak Tutup Tempat Hiburan Malam Carista.

Kepala bidang Pembendaharaan dan Anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Banten Agus Setiadi mengaku akan segera memproses Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) jika persyaratan sudah dinyatakan lengkap.

“Kalau Pak Kadis Perkim menyampaikan hari ini kita langsung verifikasi dan akan hari Senin paling lambat selasa sudah masuk ke rekening masing-masing,”ujarnya.(Aep)

Berita Terbaru