oleh

Pemkot Tangsel Siapkan Bus Trans Anggrek Gratis

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menganggarkan sekitar Rp 10 miliar untuk pengadaan bus gratis. Rencananya, bus akan melayani 8 rute dan titik konsentrasi terintegrasi dengan stasiun-stasiun kereta api.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kota Tangsel Wijaya Kusuma, mengatakan pihaknya memang mengajukan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk pengadaan unit bus.

Bus yang diberi nama Trans Anggrek itu rencananya melayani 8 rute perjalanan. “Bus ini nantinya tidak akan memungut biaya pada para penggunanya. Alias gratis,” terangnya kepada kabar6.com, kemarin.

Direncanakan, bus ini bakal menjadi shuttle bus bagi para pengguna untuk tiba ke sekolah, ataupun perkantoran. Bahkan akan melayani rute menuju stasiun kereta api.

Sukanta mengatakan program ini merupakan salah satu program untuk mengajak warga beralih ke moda angkutan umum. “Semua boleh naik. Baik warga, karyawan, pegawai hingga anak sekolah,” ujarnya.

Masih menurut Wijaya, seluruh operasional bus tersebut didanai dari APBD. Mulai dari perawatan, pembelian suku cadang hingga honor sopir dan kernet bus.

Kapasitas bus sendiri nantinya akan mampu menampung 34 seat. Bus akan dilengkapi pendingin ruangan.

“Jadi bus ini benar-benar kami buat menarik dan nyaman. Harapannya, warga mau beralih menggunakan bus ini daripada menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi, kalau hanya ke kantor, sekolah atau stasiun kereta api,” paparnya.

Ditambahkan, nantinya bus gratis tersebut akan dipusatkan di kawasan eks Terminal Pondok Cabe Kota Tangsel. Apalagi, pada tahun 2014 ini pembangunan eks terminal Pondok Cabe akan dilaksanakan.

Pada tahun 2014 ini juga, hasil dari pengesahan APBD dari 10 unit mobil gratis yang diminta, hanya lima yang disetujui. **Baca juga: Ini Klausul Panwaslu Tangsel Soal Bansos.

“Awalnya kami minta 10 unit bus namun, yang disetujui lima unit. Anggarannya sekitar 10 miliar kurang lebih. Termasuk suku cadang, perawatan dan juga honorarium sopir dan kernet,” ujarnya.(yud)

 

Berita Terbaru