oleh

Pemkot Tangsel Janji Awasi Semua Makanan Beracun

Kabar6-Masih maraknya peredaran makanan yang mengadung zat kimia berbahaya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mendapat perhatian dari perangkat daerah terkait.

Belum lama anggota Polsek Serpong menggerebek sebuah pabrik tahu berformalin di bilangan Bogor, yang produksinya disuplai ke wilayah Tangsel.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel Malikuswari, mengaku bila pengungkapan kasus oleh aparat kepolisian menyiratkan bahwa peredaran makanan yang mengandung zat berbahaya masih masif.

Peredaran tahu formalin itupun diyakini ada di pasar-pasar sekitar wilayah ini. “Kita akan perketat pengawasan terhadap pedagang tahu di pasar,” ungkapnya dihubungi Minggu (26/4/2015).

Pengawasan saat ini, terang Malik, hanya terjadi pada saat bulan Ramadhan hingga menjelang perayaan Idul Fitri saja.

Ketika itu daya beli dan konsumsi masyarakat sedang meningkat. Tapi metode itu dijanjikannya akan segera diubah. Padahal penjualan tahu mengandung bahan pengawet setiap harinya beredar.

“Kita jadwalkan setiap bulan melakukan pengawasan dengan menggandeng BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) Banten dan Dinas Kesehatan setempat,” janjinya. **Baca juga: Awas, Tahu Berformalin di Pasar Serpong dan Ciputat.

Di Tangsel, sambung dia, terdapat 16 pasar yang tersebar di tujuh kecamatan. “Tidak hanya tahu berformalin saja yang kita awasi. Tapi, semua makanan juga minuman yang mengandung bahan berbahaya,” terangnya.(yud)

Berita Terbaru