oleh

Pemkot Tangsel dan Kodim 0506 “Sikat” Dolbon

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0506/TNG, membangun sarana jamban untuk warga kurang mampu diwilayahnya.

Program bantuan sosial pembangunan infrastruktur sanitasi yang diperuntukan bagi warga miskin ini, juga berdampak untuk mendorong warga terbiasa menjalani prilaku hidup bersih dan sehat, alias tidak lagi dolbon (modol di kebon).

Program sosial pembangunan sanitasi bertajuk “Sejuta Jamban Sehat Kodam Jaya” di Kota Tangsel prosesi seremonialnya berlangsung di Markas Komando Rayon Militer (Koramil) 19 Pondok Aren. Tanda digulirkannya program pro rakyat miskin ini diawali dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antardua lembaga negara di atas.

“Seluruh bantuan berupa bahan material pembuatan MCK per 31 Desember 2015 ini sudah sampai ke semua titik lokasi rumah warga,” kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, kemarin.

Ia menjelaskan, selama kurun waktu Tahun Anggaran 2015 kemarin pihak Kodim 19 Pondok Aren sudah membantu membangun fasilitas MCK.

Jumlah bantuan sarana sanitasi mencapai 87 Kepala Keluarga miskin yang tersebar pada tujuh wilayah kecamatan di Kota Tangsel.

Airin sebutkan, pemberian bantuan sarana sanitasi ini untuk wilayah Kecamatan Pondok Aren tersebar di Pondok Pucung, Pondok Kacang Barat, Parigi Lama dan Parigi Baru.

Selain itu warga miskin peserta program bantuan sosial juga ada di Jelupang, Kecamatan Serpong Utara dan Setu serta Muncul di Kecamatan Setu.

“Sesuai dengan keinginan masyarakat, hendaknya usulan bantuan bisa disampaikan ke RT dan RW lingkungan sekitar,” terangnya.

Airin uraikan, nantinya dari usulan yang didata oleh masing-masing perangkat wilayah bisa disampaikan ke kantor Koramil.

Proses selanjutnya, tim bentukan dua lembaga pemerintah langsung meninjau apakah rumah tangga sasaran layak mendapat bantuan sarana sanitasi.

Pengadaan bahan material bangunan pembangunan jamban bagi rumah warga miskin berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel. Sementara peranan dari pihak Tentara Nasional Indonesia bertugas menyediakan tenaga pekerja dari kalangan prajurit.

 

“Setelah ini saya ingin melakukan penataan kawasan lingkungan di Tangsel. Lagi juga program ini kan sangat positif, jadi biar masyarakat merasakan bahwa TNI dengan rakyat itu dekat. Dan gitu juga sebaliknya.

Setelah melakukan penandatangan MoU dengan Komandan Kodim 0506/TNG Letnan Kolonel (Inf) Achiruddin,  pejabat daerah bersama para prajurit TNI blusukan ke titik-titik lokasi rumah warga yang berada di kawasan padat penduduk. Meski harus melalui jalan sempit di perkampungan, Airin tetap terlihat gesit.(yud)

Berita Terbaru