oleh

Pemkot Tangsel Alokasikan Rp 4,2 Miliar Dana Bansos Terdampak BBM

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah alokasikan dana bantuan sosial bagi warga sekitar yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak. Dinas sosial setempat mencatat ada 7025 kelompok penerima manfaat yang akan menerima uang Rp 600 ribu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Tangsel, Wawang Kusdaya menyebutkan total alokasi dana bansos yang dipersiapkan. “Sekitar 4,2 miliar rupiah,” ungkapnya kepada kabar6.com, Sabtu (17/9/2022).

Ia jelaskan, total dana tersebut bersumber dari APBD Kota Tangsel. Kini pencairan dana masih diproses begitu juga dengan verivikasi data warga kelompok penerima manfaat.

“Masih proses sepertinya sesudah perubahan APBD ditetapkan,” jelas Wawang. Adapun dana bansos yang bersumber dari APBN sudah disalurkan lewat kantor pos.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel, Apendi menyebutkan, pendistribusian dana bantuan bagi warga terdampak harga BBM dua tahap. Waktunya yakni September dan Oktober serta November dan Desember.

Diketahui, kementerian keuangan telah menerbitkan aturan yang mewajibkan pemerintah daerah membelanjakan 2 persen dari dana transfer umum (DTU) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat.

**Baca juga: Kendaraan Dinas Listrik di Pemkot Tangsel, Benyamin: Tahap Awal Motor

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun 2022.

Beleid itu menetapkan bahwa pemda harus menyalurkan 2 persen dari DTU yakni dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) yang dianggarkan pada Oktober 2022 hingga Desember 2022 guna memitigasi dampak inflasi.(yud)