oleh

Pemkot Tangerang Tanggung Premi BPJS Warganya

image_pdfimage_print
Walikota Tangerang, H. Arief Wismansyah menyerahkan kartu BPJS.(hms/tom migran)

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mulai tahun 2016 telah mengalihkan program Jaminan Kesehatan Multiguna warganya ke program jaminan kesehatan BPJS.

Ini seiring dengan diberlakukannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 12/2013 yang mewajibkan setiap orang untuk mengikuti program jaminan kesehatan BPJS.

Namun demikian, warga Kota Tangerang dipastikan tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis sebagaimana program Multiguna, karena pemkot Tangerang telah mengalokasikan dana sebesar Rp9 miliar untuk menanggung premi asuransi warga kurang mampu di wilayah tersebut.

“Pagi ini kita baru saja melihat saudara-saudara kita yang diberikan jaminan kesehatan daerah melalui program BPJS,” ujar Walikota H. Arief R. Wismansyah disela acara Penandatanganan Kerjasama Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kota Tangerang di Ruang Akhlakul Karimah, Rabu (27/1/2016).

Diinformasikan dari 14 ribuan warga kurang mampu yang didata oleh Dinas Sosial Kota Tangerang, sebanyak 5.901 diantaranya pembayaran premi jaminan kesehatannya dibiayai oleh APBD Kota Tangerang.

“Itu hasil verifikasi dari BPJS, awalnya memang sekitar 14 ribuan namun setelah diverifikasi oleh Dukcapil yang punya NIK itu hanya 10 ribuan, karena yang empat ribuan jiwa sudah menerima jaminan kesehatan dari pemerintah pusat makanya sisanya (5901) itu yang kemudian menjadi tanggung jawab kita,” ujar Walikota.

Pemkot Tangerang sengaja memprioritaskan warga kurang mampu yang telah memiliki NIK, karena peraturan Kemensos mengatur bila yang berhak menerima jaminan kesehatan itu hanya warga yang punya NIK.

Namun demikian, Walikota tak menampik bila kemungkinan kedepan ada verifikasi ulang. Walikota juga mengimbau komponen masyarakat yang memberikan informasi terkait keberadaan warga kurang mampu yang belum tertanggung program jaminan kesehatan Kota Tangerang. **Baca juga:

“Kita pinginnya semua dilayani, makanya kalau ada data dari masyarakat silahkan sampaikan,” ujarnya. **Baca juga: Bandar Sabu Cipete Dicokok Polisi Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota secara simbolis memberikan kartu keanggotaan BPJS kepada 2 (dua) KK yang berasal Kelurahan Buaran Indah Kecamatan Tangerang.(hms/tom migran)

Print Friendly, PDF & Email