oleh

Pemkot Tangerang Akui Kekurangan 20 Puskesmas

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengakui masih kekurangan 20 gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Minggu (14/12/2014).

Ya, berdasarkan profile seluruh wilayah di Kota Tangerang serta kajian masterplan  di bidang kesehatan, wilayah terebut saat ini baru memiliki 32 Puskesmas dan 2 puskesmas pembantu, yang diperuntukan untuk melayani 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan.

“Dalam dua tahun ke depan, Pemkot Tangerang akan terus memenuhi sarana kesehatan atau puskesmas dengan konsep puskesmas rawat inap,” ujar Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, ujar Walikota Tangerang, Arief Wismansyah, di acara Musyawarah Cabang (Muscab) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tangerang Sabtu (13/12/2014).

Menurutnya, pembangunan puskesmas dimaksud akan lebih diprioritaskan diwilayah pinggiran Kota Tangerang, yang jaraknya berjauhan dengan rumah sakit umum seperti Kecamatan Benda, Cibodas dan Larangan.

Dengan adanya puskesmas rawat inap, Walikota berharap akan mempermudah aksebilitas masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan.

“Namun, walau saat ini jumlah puskesmas masih terbatas, kita (Pemkot) akan terus memberikan jaminan pelayanan kesehatan secara optimal melalui kerjasana dengab berbagai pihak seperti IBI dan lembaga profesi lainnya,” ujarnya.

Arief meminta kepada seluruh bidan di Kota Tangerang agar dapat berkolaborasi dengan Pemkot dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sesuai dengan standar pelayanan kesehatan. **Baca juga: Sachrudin: Aparat Harus Beri Contoh PHBS.

“Kita harap dengan kepengurusan IBI Kota Tangerang yang baru, IBI bisa terus meningkatkan program kerjanya terutama dalam menekan angka kematian ibu dan angka kematin bayi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam Muscab IBI kali ini terpilih sebagai ketua IBI kota Tangerang periode 2014-2019, Leli Rohayati menggantikan Hj.Siti Rochayah yang telah menjadi ketua IBI dari tahun 2009.(ges)

Berita Terbaru