oleh

Pemkot Pekanbaru ke Tangsel, Kepala BLHD Kena Semprit

Kabar6-Kedatangan rombongan pejabat asal Pemerintah Kota Pekanbaru secara rombongan bertandang ke Kantor Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) di Kecamatan Pamulang, menjadi berbeda bagi pejabat tuan rumah.

 

Kehadiran rombongan yang dipimpin langsung Walikota Pekanbaru Firdaus, bukan untuk menggali ilmu atau belajar soal sistem penanganan atau pelayanan bidang tertentu, tapi justru malah sebaliknya.

 

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengaku bila anak buahnya harus bersusah-payah untuk mampu menggondol Piala Adipura. Bahkan hingga saat inipun tak kunjung berhasil meski dirinya telah menggelontorkan dana kas daerah yang jumlahnya tak sedikit.

 

“Kalau Pak Wali (Pekanbaru) sudah dapat piala, maka Pak Wakil Tangsel (kemarin) baru dapat piagam saja,” kata Airin. **Baca juga: Berjudi di Jalur Pipa Gas, 6 Warga Pamulang Ditangkap

 

Saat itu dalam seremonial acara penyerahan piagam dari Kementerian Lingkungan Hidup, dirinya mendelegasikan Wakil Walikota Benyamin Davnie untuk menerima plakat didampingi Rahmat Salam.

 

Alhasil, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel Rahmat Salam menjadi salah tingkah. Sikap ini terlihat dari mimik dan gestur tubuhnya saat sedang dibahas soal problematika pencapaian Piala Adipura.

 

Termasuk ketika Airin memperkenalkan satu-persatu anak buahnya kepada tamu rombongan dari Pemkot Pekanbaru. Maka ketika giliran Rahmat Salam, ia mendapat sindiran halus dari pimpinannya karena cenderung lebih ke seremonial setiap menghelat program kegiatan.

 

“Kasian ini pak enggak dapat-dapat Adipura. Jadi wajib datang (belajar) ke Pekanbaru,” ujar Airin disambut senyum sambil menunduk ketika Rahmat Salam berdiri menjawab panggilan perkenalan dari atasannya.

 

Walikota Pekanbaru Firdaus mengaku tak akan sungkan memberikan kiat-kiat sampai daerahnya sukses sebagai “pelanggan” tetap Piala Adipura. “Kota kami sudah sembilan kali berturut-turut meraih Piala Adipura,” ungkapnya.

 

Menurutnya, ini akibat dari konsistensi dan tekad yang kuat dari anak buahnya untuk mewujudkan Kota Pekanbaru begitu bersih, asri dan hijau. Apalagi lewat kesepakatan ini telah tertuang dalam acara penandantanganan kesepakatan bersama tentang kerjasama jaringan lintas perkotaan.

 

“Tentunya nanti akan kami berikan konsep dan triknya yang benar,” terangnya didampingi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Syukri Harto.(yud)

Berita Terbaru