oleh

Pemkab Tangerang Target PAD 2022 dari Pajak Rp 3 Triliun

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perpajakan pada 2022 ini sebesar Rp 3 triliun. Angka tersebut bersumber dari sembilan sektor pengenaan pajak.

“Dan itu insya Allah bisa tercapai,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Selamet Budhi Mulyanto kepada wartawan, Jum’at (19/8/2022).

Ia mengatakan, sembilan jenis pajak, diantaranya seperti pajak bumi dan bangunan (PBB), bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak perhotelan, pajak restoran, pajak hiburan, pajak penerangan jalan umum (PJU), pajak reklame, pajak parkir, serta pajak air bawah tanah.

Kemudian, dari beberapa sektor capaian target pajak tersebut, kini telah terhitung pada pertengahan 2022 rata-rata telah mencapai 60 persen.

Selain itu, ia menyampaikan, dari seluruh jenis pajak itu potensi peningkatan terbesar ada pada sektor pajak BPHTB, dengan proyeksi peningkatan mencapai 95 persen.

“Semuanya hampir sudah mencapai di atas 50 persen, jadi di bulan Juli kemarin sampai 60 persen PBB, Kemudian kalau BPHTB sudah mencapai 95 persen,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya pun optimis target pendapatan asli daerah di tahun ini dapat tercapai karena Pemkab Tangerang telah melakukan peningkatan penggalian potensi-potensi dari sektor pajak yang ada.

“Ya, untuk peningkatan itu kita lakukan pengembangan kawasan yang ada di wilayah Selatan, Tengah dan Utara kita sudah maksimalkan penggalian potensi untuk peningkatan pajak itu,” ungkapnya.

**Baca juga: Kronologi Rem Blong Truk Tangki Pertamina di Cisoka Tangerang

Ia menambahkan, dalam peningkatan pendapatan daerah pada sektor pajak ini diyakini dapat berjalan secara optimal, sebab pertumbuhan ekonomi di wilayahnya itu pasca pandemi Covid-19 sudah tumbuh kembali.

“Jadi bisa dibilang kini perekonomian di Kabupaten Tangerang sudah kembali normal lagi, sejak pandemi Covid-19 2021 kemarin,” katanya. (Rez)