oleh

Pemkab Tangerang Siapkan 3 Rumah Sakit untuk Antisipasi KIPI

Kabar6-Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menyiapkan petugas khusus bila nantinya ditemukan kondisi KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Hal tersebut dikatakan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi.

“Penerima vaksin di tahap kedua ini cukup banyak, maka kita juga siapkan sekitar 18 dokter spesialis untuk melayani kondisi KIPI dengan tiga rumah sakit sebagai rujukan, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang, RSUD Balaraja dan RSUD Pakuhaji,” katanya.

Hendra juga menjelaskan, penderita KIPI nantinya akan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan. Nantinya, pihak rumah sakit akan melakukan pemeriksaan apakah pasien tersebut menderita KIPI karena efek vaksin atau karena faktor lainnya.

“Setelah disuntik, penerima vaksin akan kami observasi selama 30 menit. Jika tidak ada gejala seperti mual, pusing, demam dan lain-lain makan boleh melanjutkan aktivitas. Namun, jika penerima vaksinnya merasakan salah satu gejala, akan langsung kami bawa ke rumah sakit untuk diperiksa.

**Baca juga: Pemkab Tangerang Siapkan 3 Tim Penyuntikan Sinovac Covid-19

Untuk diketahui, pada tahap kedua ini sebanyak 25.155 penerima suntik vaksin Covid-19. Dimana, vaksin yang digunakan merupakan vaksin sinovac produksi PT Biofarma.(Vee)

Berita Terbaru