oleh

Pemkab Tangerang Pacu Kinerja Pegawai Dinas Koperasi & UMKM

Kabar6-Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang, Kamis (20/11/2014) pagi, mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ).

Acara yang bertempat di Hotel Narita, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang ini, sedianya bertujuan untuk meningkatkan kualitas etos kerja para pegawai pada instansi tersebut.

“Ya, ini adalah bagian dari beberapa kegiatan yang ada di Dinas Koperasi dan UMKM. Dan dalam acara ini kami mengundang dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk memberikan pemahaman serta upaya peningkatan etos kerja pegawai,” ujar Dei Fibriyanti, Kasubag Umum Dinas Koperasi, yang juga sebagai ketua panitia dalam acara tersebut.

Dalam pemaparannya, Kabid Perencanaan Kebutuhan Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suhartono mengungkapkan, bahwa dalam rangka mewujudkan PNS yang profesional, perlu dilakukan penataan jabatan yang berbasis kopetensi dilingkungan instansi pusat dan daerah.

“Nah tujuan implementasi kompetensi ini adalah, agar kopetensi pegawai, baik teknis dan manejerial, dapat terukur secara akurat dan dapat diakui oleh organisasi,” ungkapnya.

Suhartono juga menjelaskan, kompetensi memrupakan perpaduan antara, pengetahuan, keterampilan maupun sikap/prilaku sesorang pegawai dalam melakukan tugas dan fungsinya.

“Dan, kerangka pemikiran tuntutan kompetensi PNS terbagi dua, pertama perspektif organisasi yang mencakup pengeloaan pegawai, pengelolaan anggaran dan barang, pelayanan publik dan capaian kinerja. Sedangkan, yang kedua adalah perspektif individu, yang mencakup identifikasi potensi dan kompetensi, pengukuhan kompetensi, diklat berbasis kompetensi serta penempatan dalam jabatan berbasis kompetensi,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang Tedy Suwardi mengatakan, sebenarnya yang terpenting dalam pemahaman ini adalah, prinsip dari ada aturan kaitan dengan analisa bahwa setiap jabatan itu harus teruraikan.

“Kembali lagi, harapannya agar bisa mendapatkan pegawai yang berkualitas sesuai dengan kopetensi, kemampuan/keahlian dibidang masing-masing,” tukasnya.

Tedy juga menyebutkan, saat ini ada sebanyak 37 PNS serta 8 orang magang yang tercatat bekerja pada dinas yang ia pimpin. Jumlah tersebut pun, tambah dia, terbilang masih jauh dari ideal kuantitas yang dibutuhkan, yakni sebanyak kurang lebih 60 pegawai.

“Untuk mensiasati itu, kami berupaya menekankan kerjasama yang baik antara pegawai satu dengan yang lainnya. Jadi, saling mengisi dan berbagi tugas saja,” pungkasnya. **Baca juga: Diduga Timpuk Siswi, Guru SMAN 5 Tangerang Disatroni Ortu.

Dalam acara tersebut, nampak juga hadir Kabid Kepegawaian BKD Kabupaten Tangerang Suwarno serta jajaran lainnya.(Ges)

Berita Terbaru