oleh

Pemkab Tangerang Kembangkan Industri Perikanan Zero Waste, Apa itu?

Kabar6 – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jainudin menuturkan, pengembangan usaha perikanan di Kabupaten Tangerang terus digalakan. Salah satunya adalah rencana melakukan pengembangan industri perikanan Zero Waste. “Pengolahan ikan tanpa ada yang terbuang,” ujarnya, Selasa 7/7/2020.

Industri ikan Zero Waste ini merupakan hasil kunjungan Jainudin ke sebuah perusahaan yang telah berhasil menerapkan sistem tersebut.

K onsep zero waste, kata dia, memanfaatkan seluruh bagian tubuh ikan menjadi produk yang bernilai ekonomis.  “Pengolahan limbah ikan seperti tulang dan kepala ikan menjadi tepung ikan untuk bahan pakan juga menjadi salah satu yang dikembangkan, tujuannya untuk menghasilkan industri pengolahan ikan yang zero waste atau tanpa limbah,” kata Jainudin.

Kunjungan pertama, Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang mengunjungi PT Nam Kyung Korea-Indonesia, di Suradadi, Kabupaten Tegal. Di perusahaan tersebut, rombongan belajar industri pengolahan adonan ikan atau surimi. Produk tersebut di ekspor ke Korea dan pasokan industri perikanan Jakarta, Banyuwangi dan beberapa daerah lainnya.

Sedangkan kunjungan berikutnya, di PT Merdeka Bahari Indonesia. Rombongan belajar industri ikan beku dan pengolahan tepung ikan dan minyak ikan. Tepung ikan yang dihasilkan dengan protein 50 dan 60 persen yang diserap industri pakan ikan dan ternak.

“Kita sudah melakukan kunjungan ke PT Nam Kyung Korea-Indonesia dan juga PT Merdeka Bahari Indonesia, mengenai industri pengolahan ikan yang zero waste tersebut. Kita berharap, Dinas Perikanan dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tangerang bisa menjadi pengelolanya,” ujarnya.

**Baca juga: Dihentikan Pemkab Tangerang, Proyek Pembangunan GIPTI Puspiptek Tetap Berjalan.

Jainudin memaparkan, hasil kunjungan tersebut akan kembali dipelajari. Agar dalam waktu dekat ini, ia menginginkan perusahaan perikanan dengan konsep zero waste bisa diterapkan di daerah 1000 industri ini, karena Kabupaten Tangerang selain memiliki kawasan pesisir pantai utara juga banyak memiliki potensi perikanan. (Vee)

Berita Terbaru