oleh

Pemkab Tangerang Diminta Cegah Krisis Air Bersih

Kabar6-Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Tangerang meminta pemerintah setempat lebih serius menangani problem air bersih diwilayah tersebut.

Pasalnya, sebanyak 26 dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, hingga kini masih rawan mengalami kekeringan disaat musim kemarau. Baca juga: 141 Industri di Kabupaten Tangerang Eksploitasi ABT.

“Sumber daya air sangat penting dalam peradaban masyarakat terkait ketahanan pangan dan energi. Pemerintah harus cepat mengambil langkah kongkret, agar tidak terjadi krisis air bersih,” ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nawa Said Dimyati, Rabu (23/10/2013). Baca juga: Zaki Minta PDAM TKR Cover Area Utara & Barat Tangerang.

Dikatakannya, pemerintah harus segera melakukan program pemenuhan kebutuhan sekaligus menggali potensi yang ada, misalnya membuat situ di hulu sungai-sungai yang ada. Baca juga: PDAM TKR Padam, Ratusan KK di Tigaraksa Kesulitan Air Bersih.

“Kalau persoalan ini tidak segera ditangani serius, maka krisis air bersih di Kabupaten Tangertang akan bertambah parah dan berkepanjangan,” ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa itu lagi. Baca juga: Kabupaten Tangerang Diminta Pertahankan Aset PDAM di Tangsel.

Sebelumnya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar disejumlah kesempatan mengatakan, tengah menggagas pembangunan penampungan air sebagai cadangan yang luasnya antara 20 hektar sampai 40 hektar di daerah Kecamatan Kresek. Baca juga: Lima Kecamatan di Kabupaten Tangerang Bakal Terpasang IPA.

“Waduk air itu akan memiliki kedalaman antara 7 sampai 8 meter,” ujar Zaki yang hingga kini masih belum genap satu tahun memimpin Kabupaten Tangerang.(mer)

Print Friendly, PDF & Email