oleh

Pemkab Tangerang Bagikan Ribuan Kartu Pintar

Kabar6-Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membagikan Kartu Pintar kepada ribuan siswa kurang mampu namun berprestasi diwilayahnya, Selasa (28/10/2014).

Kartu pintar tersebut merupakan bagian dari program bantuan pendidikan yang digagas Pemkab Tangerang, untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, alokasi dana program Kartu Pintar tahap I dalam APBD 2014 sebesar Rp 5,3 miliar.

Untuk siswa kelas X pemegang Kartu Pintar dialokasikan dana Rp 500 ribu per siswa, kelas XI dan kelas XII Rp 1 juta per siswa.

Dalam penggunaannya, siswa pemegang Kartu Pintar harus mendapat tanda tangan guru sekolah berikut stempel, dan persetujuan orang tua siswa.

Ketentuan itu demi mencegah terjadinya penyalahgunaan Kartu Pintar. “Kartu Pintar tidak bisa digunakan untuk belanja lho,” ujar Bupati.

Tahun 2014 ini, kata Zaki, pihaknya menyerahkan sebanyak 5.887 lembar Kartu Pintar. Jumlah itu akan terus bertambah setiap tahunnya, hingga pendidikan di Kabupaten Tangerang bisa benar-benar gratis. **Baca juga: Pascaserah Aset, PT PITS Sulit Kelola Pasar Serpong.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang,  Zaenudin mengatakan, Kartu Pintar berbentuk mirip kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Untuk membukanya, juga dilengkapi dengan PIN.(mer/din)

 

Berita Terbaru