oleh

Pemkab Pandeglang Sasar 22 Ribu Bayi dan Balita untuk Imunisasi PCV

Kabar6- Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Kesehatan melaunching Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) untuk bayi dan balita.

Kegiatan launching perdana imunisasi PCV dilaksanakan di Puskesmas Majasari dan secara simbolis dilaunching oleh Pj.Sekda Pandeglang Taufik Hidayat, Senin (12/9/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan program vaksin PCV merupakan salah satu program imunisasi untuk bayi dan balita usia 2 sampai 12 bulan agar terhindar dari Pneumonia.

“Hari ini kegiatan launching imunisasi PCV dilakukan serentak secara nasional, dan untuk di Kabupaten Pandeglang, kita launching di Puskesmas Majasari, “ucapnya.

Lanjut Dewi, adapun sasaran dari imunisasi PCV untuk se-Kabupaten Pandeglang adalah 22 ribu, sedangkan untuk target imunisasi di Puskesmas Majasari sendiri yakni 800 bayi dan balita, “terangnya.

**Baca juga:Golkar Pandeglang Siap Menangkan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten

Ia berharap imunisasi PCV di Kabupaten Pandeglang ini bisa mencapai target 100 persen, supaya anak-anak di Pandeglang bisa terhindar dari pneumonia, karena pneumonia ini sangat berbahaya menyerang paru-paru dan pernafasan, sehingga dampak dari infeksi pneumonia ini bisa mengakibatkan kematian, “tuturnya.

Sementara itu, Pj.Sekda Pandeglang mengatakan vaksin PCV dapat mencegah penyebab penyakit berbahaya, oleh sebab itu untuk melindungi anak-anak dari penyakit tersebut, pemberian vaksin PCV bisa dilakukan sebagai salah satu bentuk langkah pencegahan yang tepat.

“Kegiatan imunisasi PCV menjadi peluang cakupan imunisasi dasar bagi anak-anak usia 2 sampai 12 bulan, karena temuan kasus pneumonia tahun 2021 pada bayi dan balita di Kabupaten Pandeglang mencapai 23 persen, tentu saja ini harus menjadi perhatian kita semua, oleh sebab itu imunisasi PCV ini merupakan bagian dari pencegahan agar bayi dan balita bisa terlindungi dari pneumonia, “pungkasnya.(Aep)