oleh

Pemkab Lebak Siapkan Kendaraan Khusus Bagi Jemaah Haji Positif COVID-19

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan menyiapkan kendaraan khusus bagi para jemaah haji yang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil skrining yang dilakukan saat tiba di Indonesia.

Sampai di Indonesia, para jemaah haji akan menjalani tes swab. Jika hasilnya positif maka akan langsung dilakukan tes PCR guna memastikan apakah jemaah tersebut benar-benar terpapar virus yang terus bermutasi itu.

“Iya, akan disiapkan kendaraan khusus bagi jemaah yang memang terkonfirmasi positif COVID,” kata Kabag Kesra Pemkab Lebak, Iyan Fitriana, kepada Kabar6.com, Jumat (29/7/2022).

Iyan mengatakan, rencana awal adalah pemeriksaan dilakukan saat jemaah haji akan bertolak ke Indonesia. Jika ada jemaah yang positif maka akan ditunda kepulangannya dan dilakukan dikarantina.

“Rencana sebelumnya begitu tetapi kemudian berubah dan skrining diserahkan ke pemerintah daerah,” ucap Iyan.

Selanjutnya, kata Iyan, tim dari Dinas Kesehatan akan mendampingi dan memfasilitasi apakah jemaah yang terkonfirmasi positif harus dirawat di rumah sakit atau bisa menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Kalau memang harus dirawat di rumah sakit karena bergejala atau di rumah isolasi terpusat maka akan difasilitasi,” kata dia.

**Baca juga: Jemaah Haji Asal Lebak Tiba di Tanah Air 30 Juli, Dinkes: Dilakukan Skrining COVID-19

Informasi yang diperoleh dari petugas maupun pembimbing, seluruh jemaah haji Lebak dapat melaksanakan seluruh rangkaian haji di tanah suci.

“Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat wal afiat, seluruh rangkaian dapat dilaksanakan oleh para jemaah dan kita doakan bisa kembali ke tanah air dalam keadaan selamat. Untuk jemaah Kloter 27 memang agak mundur jadwalnya, hanya jam nya tapi hari tetap sesuai jadwal,” tutur Iyan.(Nda)