oleh

Pemkab Lebak Dorong Industri Batik Rumahan di Tiap Desa

Kabar6-Bupati Lebak Iti octavia Jayabaya menyebut kegiatan ekonomi kreatif terus jadi komitmen untuk mewujudkan Lebak Kreatif sesuai program yang dicanangkan Kemenparekraf RI.

Ha itu dikatakan Iti saat membuka pelatihan membatik teknik Shibori (Teknik pewarnaan kain dari jepang) yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berkolaborasi dengan Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI) DPC Tangsel dan Lebak, di Imah Batik Sahate, Rangkasbitung, Jumat (22/7/2022).

“Dengan pelatihan ini mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya kita belajar meningkatkan kapasitas terutama di bidang kriya,” pesan Iti.

Dari para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, Iti berharap akan mendorong lahirnya industri batik rumahan di setiap desa.

“Saya berharap 100 orang yang dilatih akan terbentuk kelompok-kelompok di masing-masing desa dan RT yang kemudian akan menjadi daerah industri batik rumahan Shibori,” ujarnya.

**Baca juga: Dinas Dukcapil Lebak Sosialisasikan Identitas Digital

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Lebak, Virgojanti, menjelaskan, sebagai mitra pemerintah daerah, pihaknya ingin menginisiasi supaya lebih banyak lagi produk-produk kerajinan dan kreatif masyarakat.

“Kami berharap kolaborasi ini bisa lebih kita kembangkan dengan kegiatan keterampilan yang lainnya,” kata dia.(Nda)