oleh

Peminum Kopi Cenderung Lebih Panjang Umur?

Kabar6-Selain membantu membuat ‘melek’ saat lembur, dalam studi yang diterbitkan pada Journal Nature Medicine, para peneliti menemukan bahwa kafein dapat membantu memerangi inflamasi sistemik pada orang dewasa.

Penemuan ini dapat menjelaskan mengapa peminum kopi cenderung lebih panjang umur dibandingkan mereka yang tidak. Sebagaimana dilansir Huffingtonpost, David Furman yang merupakan penulis senior studi dari Stanford Institute bersama rekan-rekannya menemukan, proses alami yang terjadi pada gen orang dewasa dapat memicu tingkat inflamasi yang lebih tinggi. Studi juga mengungkap bahwa inflamasi ini kemungkinan besar dapat memicu penyakit kardiovaskuler.

Para peneliti dalam studi itu menguji tingkat inflamasi pada sampel darah dari 100 orang dewasa muda (20-30 tahun) dan tua (60-89) yang berpartisipasi dalam survei kesehatan jangka pajang. Hasilnya, sampel darah dari partisipan berusia tua yang dilaporkan mengonsumsi minuman mengandung kafein setiap hari memiliki tingkat inflamasi rendah. Individu yang mengonsumsi lebih dari lima cangkir minuman berkafein setiap hari juga cenderung memiliki tingkat inflamasi yang sangat rendah.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa proses inflamasi dasar yang terkait dengan penuaan, tak hanya memicu penyakit kardiovaskular, tetapi juga dipicu oleh peristiwa molekuler yang mungkin dapat kita targetkan dan perangi,” kata Mark Davis, salah satu penulis.

Inflamasi terjadi pada tingkat seluler, dan kafein mungkin menjadi salah satu cara untuk menguranginya. Hal ini juga berpotensi memberi perbedaan pada kesehatan individu, partisipan berusia tua dengan tingkat inflamasi rendah memiliki lebih sedikit arteri yang kaku, indikator untuk penyakit kardiovaskuler.

“Hubungan antara konsumsi kafein dengan kondisi inflamasi rendah berbanding lurus, jadi lebih banyak minuman berkafein yang dikonsumsi seseorang, semakin rendah pula kondisi inflamasinya,” ujar Furman. ** Baca juga: Asalkan Dikonsumsi dalam Batas Wajar, Daging Merah Miliki 5 Nutrisi Menyehatkan

Selain kopi, studi juga memasukkan teh dan soda sebagai sumber kafein. Tetapi karena kopi dan teh mengandung lebih banyak antioksidan dan senyawa yang dapat membantu memerangi inflamasi, para ahli mengatakan bahwa keduanya jauh lebih baik ketimbang minuman bersoda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru