oleh

Pembentangan Bendera 3,5 Kilometer di Pondok Aren Terpanjang se-Indonesia, Masuk MURI?

Kabar6-Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 3.522 meter atau 3,5 kilometer di Situ Parigi, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), berpotensi pecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Dikutip dari Kompas.com, MURI pembentangan bendera terpanjang saat ini dipegang oleh Kabupaten Muaro Bungo dengan panjang bendera 2.500 meter, saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Menanggapi hal itu, Camat Pondok Aren sekaligus penggagas Pondok Aren Berkibar, Hendra tidak terpikirkan untuk mendaftarkan bendera terpanjang se-Indonesia ini ke MURI.

Pasalnya, menurut Hendra, jika didaftarkan ke MURI akan memakan biaya tambahan, sementara pembentangan bendera sepanjang 3,5 kilometer di Situ Parigi merupakan swadaya dan inisiatif dari masyarakat.

“Karena MURI kan duit lagi. Bicara soal MURI Kipong bilang mau ngadain dengan estimasi anggaran beli bambu berapa, beli bendera berapa, dan sebagainya itu, boro-boro mikirin MURI kan, yang penting acara bisa terlaksana, kita niatkan membahagiakan masyarakat dengan partisipasi banyak orang,” ujarnya kepada wartawan di Situ Parigi, Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, acara ‘Pondok Aren Berkibar’ terlaksana saja sudah bagus. Bahkan Wali Kota Tangsel juga menanyakan kepada dirinya mengenai MURI, dan dijawab apa adanya seperti sebelumnya.

“Pak, saya tidak perlu pengakuan begitu, saya cuma mau masyarakat saya bahagia, cukup pak, saya dikenang sebagai camat yang memang selama pernah tugas disini nanti bakal dikenang sama mereka cukup,” tutup Hendra.

Diketahui, pembentangan bendera kolosal sepanjang 3,5 kilometer merupakan inisiasi dari Ketua Panitia, Suhanda Joan atau Kimpo, yang bekerja sama dengan Camat Pondok Aren, Hendra.

Diberitakan sebelumnya, Bendera Merah Putih sepanjang 3.522 meter atau 3,5 kilometer berhasil dibentangkan sepanjang Situ Parigi, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

**Baca juga:Ribuan Warga Ramaikan Pembentangan Bendera 3,5 Kilometer di Situ Parigi

Pembentangan itu dilakukan oleh ribuan warga yang turut ikut dalam proses pergerakan Bendera Merah Putih mengelilingi Situ Parigi.

Ribuan warga tersebut merupakan gabungan elemen, dimulai dari Sekolah, Instansi Pemerintahan, hingga Organisasi Masyarakat (Ormas) yang berada di Kecamatan Pondok Aren.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, Kota Tangsel terkhusus Kecamatan Pondok Aren mempunyai potensi sumber daya untuk memperingati 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tadi saya sampaikan bahwa ini wujudan dari nilai Pancasila di Pondok Aren oleh seluruh masyarakat Pondok Aren,” ujarnya di Situ Parigi, Kamis (18/8/2022).(eka)