oleh

Pembangunan Pelabuhan Bojonegara Dikebut

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mempercepat pengerjaan pembangunan pelabuhan Bojonegara yang berlokasi di Kabupaten Serang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten, Cepi S Alam, Jumat (07/11/2014).

“Semua sudah siap, tinggal rekomendasi dari Cilegon sebagai bentuk dukungan tertulis, karena Cilegon kota pendukung, lalu dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP),” kata Cepi.

Sedianya, percepatan pembangunan pelabuhan bertaraf internasional itu disebabkan gagalnya pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) dan di galakkannya poros maritim nusantara.

Saat ini, tengah dilakukan pembahasan persiapan tekhnis pembangunan pelabuhan Internasional Bojonegara, tanpa mengabaikan kepentingan nelayan kecil.

“Sedang disususn Standar Operasi Perusahaan (SOP) terkait perijinan dan kegiatan yang lain. Lalu penertiban terkait pelabuhan kecil di sekitarnya. Jangan sampai mereka yang punya lahan dipinggirkan, tapi di kerjasamakan,” terangnya.

Sedianya, lahan pelabuhan Internasional Bojonegara mencapai 450 hektar dan akan menampung kapal-kapal besar. Study kelayakan terkait ekosistem laut juga akan dilakukan. **Baca juga: Soal Proyek Batal Lelang, DPRD Panggil DTK Tangsel.

“Untuk kondisi dalam laut akan dibicarakan secara khusus, agar jangan sampai ekosistemnya rusak,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru