oleh

Pembangunan Jalan Cikumpay-Ciparay Ditagih Warga, Pemkab Lebak Bicara soal Komitmen dengan Pemprov

Kabar6-Kondisi memprihatinkan ruas Jalan Cikumpay-Ciparay mengundang reaksi dari masyarakat sejumlah desa yang terlintasi jalan tersebut. Rencananya, akan digelar unjuk rasa mendesak pembangunan jalan sepanjang 24,9 kilometer itu.

Asisten Daerah (Asda) II Pemkab Lebak Ajis Suhendi mengatakan, Jalan Cikumpay-Ciparay memang merupakan jalan kabupaten yang menjadi bagian dari ruas Jalan Cikumpay-Cigudeg yang panjangnya 72,4 kilometer.

Akan tetapi, pembangunan Jalan Cikumpay-Ciparay akan dilakukan oleh Pemprov Banten. Ajis membeberkan alasan mengapa ruas jalan itu justru seharusnya dibangun pemprov.

“Tahun 2019, Pemprov Banten berencana membangun masjid di kawasan wisata Gunung Luhur tapi harus mendapat rekomendasi dari Ibu Bupati,” kata Ajis kepada Kabar6.com, Kamis (25/11/2021).

Dari situ dibuatlah beberapa poin komitmen yang salah satunya bahwa pembangunan Jalan Cikumpay-Ciparay diserahkan kepada Pemprov Banten yang dilakukan secara bertahap.

**Baca juga: Kantor Desa di Lebak Digeledah Polisi terkait Dugaan Penggelapan BLT

“Karena kami merasa itu sudah jadi komitmen mereka (Pemprov) makan anggaran kami alokasikan untuk penanganan ruas jalan lain. Dan di tahun 2020, kami sudah ingatkan kembali poin komitmen itu ke Pemprov Banten agar secara bertahap membangun ruas jalan tersebut,” papar Ajis.

“Dan poin-poin komitmen itu bisa dicek di Kementerian LHK, pada saat itu pemprov diwakili oleh Pak Sekda. Kalau alasannya jalan itu belum dialihkan statusnya, memang betul, tapi ada dua ruas jalan yang belum dialihkan tapi bisa bisa ditangani,” tambah dia.(Nda)

Berita Terbaru