oleh

Pembangunan Gereja Di Tolak, Ini Alasan Warga

Kabar6-Rencana pembangunan Gereja di Jalan Raya Adiyasa – Tigaraksa, Kampung Cibayana, Desa Cikasungka RT 013 RW 03, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang menuai penolakan dari sejumlah warga.

Menurut warga Perumahan Bukit Cikasungka, Angkoso, pembangunan Gereja itu diduga ada ketidak beresan terkait izin lingkungan, kronologisnya bermula dari permohonan izin dari salah satu jamaah beinisial VS yang mengurus Izin untuk rumah Doa Santa Albertus Agung pada 2015 lalu.

Namun dalam proses perjalanannya kata M Angkoso, ada hal yang tidak beres, itu diketahui oleh warga sehingga terjadi penolakan.

“Ternyata pada prosesnya banyak hal yang ngga beres dan itu diketahui oleh umat sehingga terjadi penolakan serta mengundang reaksi warga dan sempat didemo saat itu,” ungkap M. Angkoso warga Bukit Cikasungka yang juga anggota tim25, Kamis (19/9/2019)

Angkoso menerangkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Camat Solear saat itu memfasilitasi pertemuan kedua pihak.

“Dengan difasilitasi oleh Camat yang dulu, semua pihak bertemu, dan hasilnya disepakati rumah do’a tersebut ditutup, dari hasil itu Camat Solear mengirim surat kepada Bupati perihal penolakan warga,” ujar Angkoso

Dijelaskannya, hal yang mengejutkan warga, pada (3/9/2019) beberapa tokoh masyarakat diundang oleh DPMPTSP untuk rapat koordinasi menyusul adanya izin berdirinya gereja Santa Odilia yang dulu bernama Santa Albertus agung.

**Baca juga: HKG PKK Ke-47 Yuli Zaki Ajak Kader PKK Kobarkan Semangat Baru.

“Atas dasar itulah kita forum Umat Islam Cikasungka melalui tim25 menolak dengan mengumpulkan dukungan 2.500 tanda tangan dan sebanyak 1200 foto kopy KTP warga, dan alasan kita menolak jelas tidak sesuai dengan SKB 2 menteri, Izin prinsip tidak mungkin terpenuhi karena harus ada 90 jamaah warga setempat dan 60 tanda tangan warga setempat disertai foto kopy KTP yang menyetujui pembangunan rumah ibadah tersebut,” tutupnya

Sementara itu salah satu jamaah sekaligus pengurus Rumah Doa Santa Albertus Agung yang berinisial VS, tidak memberikan tanggapan saat dikonfirmasi melalui whatshapp.(N2P)

Berita Terbaru